Iklan PEMUTIHAN PAJAK PEMPROV
Iklan Astra Motor

Wisatawan Indonesia Paling Siap Gunakan AI untuk Pengalaman Menginap Hotel, Menurut SiteMinder 2026

Wisatawan Indonesia Paling Siap Gunakan AI untuk Pengalaman Menginap Hotel, Menurut SiteMinder 2026

SiteMinder’s Changing Traveler Report 2026: Wisatawan Indonesia Paling Siap Manfaatkan Teknologi AI untuk Pengalaman Menginap di Hotel -Foto:dokumen palpos-

PALPOS.ID - Berdasarkan SiteMinder’s Changing Traveller Report 2026, wisatawan Indonesia tercatat sebagai yang paling antusias dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pengalaman menginap di hotel.

Sebanyak 59% responden Indonesia menilai fitur paling menarik adalah rekomendasi instan, informasi terkait objek wisata lokal, dan pemesanan fasilitas hotel melalui concierge yang didukung AI.

Disusul oleh contactless check-in dan check-out sebesar 55%, teknologi kesehatan seperti sleep tracking dan pemantauan kualitas udara sebesar 53%, serta fitur ramah lingkungan sebesar 50%.

Dalam merencanakan perjalanan, tiga dari lima wisatawan Indonesia (60%) menyebut bahwa ringkasan ulasan hotel berbasis AI akan menjadi fitur paling bermanfaat tahun depan.

BACA JUGA:Balwana Van Palembang #2 2025: Mengungkap Jejak Sejarah Kota Palembang Lewat Kartu Pos Zaman Kolonial

BACA JUGA:Realme Photography Awards 2025–2026: Ajang Kreativitas Mobile Photography dengan Total Hadiah Lebih dari 265RM

Angka ini bahkan meningkat menjadi 63% di kalangan Gen Z. Pemantauan harga kamar dan informasi peringatan berada di urutan berikutnya dengan 56%, diikuti oleh perencanaan personal dengan 55%.

Laporan terbaru SiteMinder yang merupakan riset konsumen terbesar di dunia terkait industri akomodasi melibatkan 12.000 wisatawan dari 14 negara, termasuk Indonesia, Thailand, Australia, Tiongkok, Prancis, India, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Temuan laporan juga menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia akan mencari referensi akomodasi untuk perjalanan tahun 2026 terutama melalui online travel agency (OTA) atau situs pemesanan sebesar 38%, naik dari 25% di tahun lalu.

Meskipun hanya 8% yang akan menggunakan asisten AI, angka ini merupakan yang tertinggi dibandingkan wisatawan dari negara lain.

BACA JUGA:Begini Cara Menggunakan Bitcoin, Pengguna Baru Bisa Langsung Berbagi Alamat ke Teman

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Bengkulu: Wacana Pembentukan 7 Kabupaten dan Kota Baru Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Saat tiba waktunya memesan, wisatawan Indonesia tetap menjadi yang paling mungkin di dunia menggunakan OTA, mencapai 59%.

Fifin Prapmasari, Country Manager Indonesia di SiteMinder, mengungkapkan: “Dengan kecerdasan buatan (AI) yang kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam industri perjalanan, sangat membanggakan melihat Indonesia memimpin dalam penggunaan teknologi baru untuk membuat penginapan hotel pada tahun 2026 menjadi lebih cerdas, efisien, dan lebih menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: