Pemkab OKU Berkurban Delapan Ekor Sapi

Pemkab OKU Berkurban Delapan Ekor Sapi

BATURAJA, PALPOS.ID - Penjabat Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah mengatakan pada moment Idul Adha 1443 Hijriyah. Pemkab OKU berkurban sebanyak delapan ekor sapi.

Dimana dua ekor diantaranya dipotong di halaman Pendopo Kabupaten atau rumah dinas Bupati OKU, Minggu (10/7).

"Total ada delapan ekor sapi yang kita kurbankan tahun ini, dimana dua ekor diantara dipotong di rumah Dinas Bupati OKU," ungkap Teddy, saat dibincangi sesaat sebelum acara penyembelihan hewan kurban.

Hewan kurban itu kata dia, disebar di enam titik di OKU dan khusus di Rumah Dinas Bupati OKU hewan kurbannya dibagikan kepada masyarakat sekitar dan awak media massa yang melakukan peliputan. 

Teddy menuturkan, meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun kiranya hal itu tidak mengurangi kekhusukan Umat Islam di OKU untuk beribadah dan tetap mensyukuri hikmah suasana Hari Raya Idul Adha.

Menurut Teddy, disamping Idul Adha dinamakan hari Raya Haji juga dinamakan “Idul Kurban”, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Kurban itu sendiri artinya dekat, sehingga kurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Dalam konteks kehidupan saat ini, pengorbanan secara nyata dapat diaktualisasikan dalam bentuk keikhlasan dan ketulusan kita dalam menjalankan kehidupan, dalam menampilkan pengabdian terbaik bagi masyarakat dan bangsa, serta ikhlas dalam menerima semua kehendak Allah SWT," kata dia.

Pada kesempatan itu, Teddy juga menghaturkan permohonan maaf jika ada kesalahan dalam pelaksanaan tugas dan kebijakan. Karena sebagai manusia tentunya tempat khilaf dan atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten OKU menyampaikan mohon maaf lahir dan bathin.

Selain itu, Teddy juga mengajak segenap warga OKU untuk mendoakan para jamaah haji yang tengah melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Mekkah agar senantiasa diberikan kelancaran, kekuatan, dan kemudahan.

Sementara, Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda OKU, Kadarisman menjelaskan, jumlah kurban pada Idul Adha tahun ini di daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang itu sangat banyak. "Jika ditotal tahun ini ada ribuan hewan kurban yang disembelih, baik kambing maupun sapi," tandas dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: