Sosok AKP Rita Yuliana, Polwan Cantik yang Viral dan Punya Segudang Berprestasi

Sosok AKP Rita Yuliana, Polwan Cantik yang Viral dan Punya Segudang Berprestasi

JAKARTA, PALPOS.ID — Bertugas di Polda Metro Jaya sejak Januari 2022, nama AKP Rita Yuliana kembali viral di medsos.

Polwan cantik yang pernah menjabat sebagai Kasatlantas Polres Lombok Timur Polda NTB ini, bukan Polwan biasa. Ternyata AKP Rita punya segudang prestasi.

Sebelum itu, pemilik nama lengkap Rita Sorcha Yuliana ini, juga sempat menjabat sebagai Kasatlantas Polres Lombok Barat.

Bahkan, perempuan lulusan Akpol 2013 itu, juga pernah bertugas di Subdit IV Ditreskrimum Polda NTB.

Prestasinya saat bertugas di Subdit IV Ditreskrimum, yakni berhasil mengungkap kasus striptis Metzo di kawasan pariwisata Sengigi.

Namun anehnya, sosok AKP Rita kembali viral setelah kejadian baku tembak di rumah dinas Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Perempuan kelahiran Selong, Lombok Timur, NTB, 01 Juli 1992 itu, mengawali karier polisinya di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bagi AKP Rita Yuliana, mutasi adalah hal yang biasa terjadi di institusi Polri. Namun mendapat penugasan di Polda Metro Jaya tentu merupakan sebuah tantangan besar, mengingat Jakarta merupakan Ibu Kota negara.

Anak bungsu dari empat bersaudara ini dikenal cukup aktif di media sosial, seperti Twitter dan Instagram.

AKP Rita Yuliana rajin membagikan kegiatan-kegiatannya di kepolisian maupun kegiatan satuan tempatnya berdinas.

AKP Rita Yuliana saat berpangkat Iptu pada tahun 2018 lalu menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, China.

Program itu merupakan spesialis bahasa Mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia, serta Afrika.

AKP Rita saat itu menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK).

HSK adalah ujian standardisasi kemahiran berbahasa Mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan mencapai HSK level 3.

Polwan cantik itu justru mendapatkan HSK level 4.

Saat menjabat sebagai Kasat Lantas, ia juga menorehkan prestasi dengan menginisiasi pembuatan gerai vaksin di layanan Satpas SIM Polres Lombok Timur, yang pertama di Indonesia.

Program tersebut pun menjadi role model untuk seluruh jajaran Kepolisian RI. Terobosannya itu membuat AKP Rita Yuliana diganjar penghargaan oleh Kapolda NTB saat itu, Irjen Pol Mohammad Iqbal. (ral/pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pojoksatu.id