Waiting List Pasien Hemodialisa Meningkat

Waiting List Pasien Hemodialisa Meningkat

PRABUMULIH, PALPOS,ID,-Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) PRABUMULIH, drg Sri Widyastuty mengatakan jumlah daftar tunggu pasien yang hendak melakukan cuci darah (hemodialisa) terus mengalami peningkatan.

 

"Pelayanan hemodialisa termasuk salah satu pelayanan unggulan. Karena di Kota Prabumulih hanya RSUD Prabumulih yang memiliki alat dan melayani hemodialisa. Karena itu sampai saat ini, waiting list nya banyak," ungkap Sri Widiastuty.

 

Dikatakannya, sampai saat ini RSUD Prabumulih telah memiliki 9 alat dan diperuntukkan bagi 9 pasien. Pasalnya, pengobatan hemodialisa sama halnya seperti member dimana pasien dengan gejala di atas harus datang ke RS minimal 2 kali dalam seminggu.

 

Untuk pasiennya sendiri sambung direktur RSUD, diutamakan pasien asal kota Prabumulih sesuai dengan anjuran Wali Kota Prabumulih H Ridho Yahya. 

 

"Bahkan pasien dari Prabumulih juga ada yang belum tercover sehingga mereka harus berobat ke RS Ar Royan di Indralaya atau RSMH Palembang dan RS lain di Palembang," akunya.

 

Ketika ditanya berapa jumlah waiting list (Daftar tunggu) pasien hemodialisa, Sri mengaku tak tahu persis namun jumlahnya terus bertambah. "Insyaallah kita akan menambah alat dan SDM. Karena saat ini sudah ada 4 penambahan dan SDM juga akan dilakukan pelatihan," tuturnya.

 

Lebih lanjut Sri menuturkan pihaknya juga akan mengajukan perizinan terkait penambahan alat tersebut. “Segera kita ajukan perizinan untuk penambahan sarana dan prasarana nantinya,” pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: