Pelaku Bobol ATM di Lubuklinggau Ternyata Oknum Polisi Empat Lawang

Pelaku Bobol ATM di Lubuklinggau Ternyata Oknum Polisi Empat Lawang

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi dan jajaran, saat gelar perkara kasus pembobolan ATM BRI di Lubuklinggau, Senin (15/08). -Palpos.id-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Citra polisi kembali tercoreng. Kali ini oleh ulah oknum anggota Sabhara Polres Empat Lawang, Briptu M Kurniadi (26).

Briptu M Kurniadi ternyata salah satu tersangka pembobol mesin Ajungan Tunai Mandiri (ATM) BRI di depan Pengadilan Agama Lubuklinggau, Minggu (14/8).

Tersangka berhasil diringkus Tim Macan Polres Lubuklinggau dipimpin langsung Kasat Reskrim, AKP M Romi, di kediamannya di Kabupaten Empat Lawang, hanya berselang beberapa jam pasca kejadian.

BACA JUGA:Gagal Bobol ATM,Pelaku Diburu Polisi

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi, didampingi Wakapolres Kompol MP Nasution, dan jajarannya dalam press release di Mapolres Lubuklinggau, Senin (15/8), membenarkan penangkapan tersebut.

Harissandi menjelaskan, ungkap kasus yang dilakukan Tim Macan Polres Lubuklinggau yang dipimpin langsung Kasat Reskrim, AKP M Romi.

Berawal dari olah TKP dan Barang Bukti (BB) yang diamankan berupa mobil Taft Hilene Nopol BG 1298 AR dan tas ransel yang berisi kaos oblong Polri warna coklat.

BACA JUGA:Bobol ATM Modal Tusuk Gigi, 3 Bandit asal Lampung Ditangkap Polres Cirebon

Dari TKP dan BB tersebut kemudian dilakukan pengecekan BB mobil yang digunakan. Diketahui  identitas pemilik di Palembang. Namun setelah dilakukan lidik mobil tersebut milik Rendi, warga Empat Lawang.

Berbekal info itu, Tim Macan langsung berangkat ke Polres 4 Lawang. Disana pemilik mobil mengaku bahwa mobil miliknya dipinjam Briptu M Kurniadi.

Dari BB dan keterangan saksi-saksi tersebut, Tim macan langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka di kediamannya pada hari yang sama, Minggu (14/8), sekitar pukul 16.30 WIB.

BACA JUGA:ATM BSB di Lingkungan Pemkab Empat Lawang Dibobol Maling

Saat diinterogasi, tersangka mengakui perbuatannya dilakukan bersama dua temannya yang lain (DPO). Tersangka kemudian digelandang ke Mapolres Lubuklinggau.

Tersangka sendiri, dikatakan Kapolres sudah dua kali melakukan percobaan pembobolan ATM. Kasus pertama ATM Bank SumselBabel di Empat Lawang. "Kasus pertama dia coba gunakan mesin las," ujar Harissandi.

Namun kali kedua, tersangka bukan saja gagal membobol ATM BRI di depan Pengadilan Agama Lubuklinggau. Tetapi jejak yang ditinggalkannya membawa oknum polisi muda itu harus menjadi penghuni jeruji besi di Mapolres Lubuklinggau.

BACA JUGA:Dikenal Royal, Hacker Pembobol Kartu Kredit Asal Lubuklinggau Digelar ‘Sultan’

Saat diinterogasi Kapolres, tersangka mengaku bahwa kasus pertama dia lakukan seorang diri. Namun kasus yang di Lubuklinggau, dia ditemani dua temannya yang lain.

Mereka kabur menyelamatkan diri masing-masing dan belum ada kontak kembali satu dengan lainnya. "Saya belum tahu kemana mereka lari," aku tersangka kepada Kapolres. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: