Seluruh Puskesmas di OKU Akan Dijadikan BLUD

Seluruh Puskesmas di OKU Akan Dijadikan BLUD

Plt Kadinkes OKU, Rojali.Foto:ECO/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKU, Rojali mengatakan bahwa pihaknya kedepan akan berusaha menjadikan seluruh Puskesmas yang ada di OKU menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

 

"Saat ini status 18 Puskesmas yang ada di OKU sudah terakreditasi semua, sehingga kita bisa meningkatkan kembali statusnya menjadi BLUD. Sama seperti RSUD Ibnu Sutuwo Baturaja," kata Rojali, saat dibincangi di ruang kerjanya, Senin (15/8).

 

Dia menjelaskan, jika sudah berstatus BLUD, maka banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan bagi Kabupaten OKU. Salah satunya pengelolaan keuangan di setiap Puskesmas bisa dilakukan mandiri tanpa ada campur tangan pemerintah daerah lagi.

 

Misalnya saja lahan parkir, jika Puskesmas di OKU statusnya sudah BLUD, maka mereka bisa mengelola retribusi parkir yang ada di Puskesmas masing-masing. 

 

"Artinya, pihak Puskesmas pemasukannya nanti akan bertambah. Tidak tergantung dari APBD lagi. Jika sudah berjalan, maka efek positifnya kesejahteraan pegawai Puskesmas akan meningkat dan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi," tegasnya.

 

Selain itu lanjut Rojali, pihaknya tahun depan juga akan berusaha untuk mengusulkan ke pusat agar setiap Puskesmas di OKU memiliki dokter spesialis anak dan kulit.

 

"Saat ini seluruh Puskesmas di OKU sudah ada dokternya. Namun dokter umum. Sementara dokter spesialis belum ada. Karena itu kita akan mengusulkan ke pusat agar tahun depan ada kuota penerimaan CPNS khusus dokter spesialis," katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: