Jelang H-1 Perlombaan, Pendekor Ngebut Selesaikan Menghias Perahu

Jelang H-1 Perlombaan, Pendekor Ngebut Selesaikan Menghias Perahu

Terlihat Beberapa Perahu Yang Sedang Dihias Untuk Ikut Perlombaan .Foto: Tia/Palpos.id--

PALEMBANG,PALPOS.ID- Para pendekor perahu hias di Tangga Buntung, tepatnya di Lorong Khotib, getol selesaikan 17 perahu yang akan diikut sertakan di lomba perahu hias pada Sabtu (20/8) di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

 

M Mardian (43), salah satu pendekor perahu hias mengatakan, jika proses pengerjaan perahu hias tersebut sekitar dua minggu lamanya.

 

“Untuk perahu hias ini pengerjaannya 2 mingguan, paling lama itu pembuatan patung gajahnya sudah sekitar 10 hari. Ini sudah H-1 kan jadi benar-benar dikejar sampai malam nanti, batasnya sampai setengah 4 subuh sudah harus selesai,” ujar saat diwawancarai langsung, Jum’at (19/8).

 

Mardian menjelaskan, lamanya pendekoran perahu karena harus mencari bahan terlebih dahulu. Selain itu membentuk pola, dan membuat panggung penahan patung.

 

“Karena nyari bahannya dulu, ngebentuk pola dan sebagainya. Habis itu kami buat panggungnya, baru semua patung bisa dinaikan ke kapal. Pembuatan patungnya di darat, biar lebih leluasa juga,” jelasnya.

 

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, yang menyewa perahu untuk diikut sertakan pada lomba tersebut yakni dari berbagai instansi pemerintahan.

 

“Itu ada dari Pemprov, Pemkot, BUMN, PT PUSRI juga. Kalau perahu yang digunakan untuk lomba bukan punya kami, tapi kami yang mencarikan. Pokoknya mereka terima bersih,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: