Disperindag OKU Revitalisasi Pasar Rakyat di Tiga Kecamatan

Disperindag OKU Revitalisasi Pasar Rakyat di Tiga Kecamatan

Kepala Disperindag OKU, Luqmanul Hakim. -Palpos.id-

BATURAJA, PALPOS.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) merevitalisasi pasar rakyat di tiga kecamatan.

Meliputi Kedaton Peninjauan Raya, Sinar Peninjauan dan Sosoh Buay Rayap agar memilki daya saing dengan pasar modern.

"Revitalisasi pasar rakat dilakukan sejak tahun 2020," kata Kepala Disperindag OKU, Luqmanul Hakim, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 20 September 2022.

Dia menjelaskan, revitalisasi pasar rakyat atau pasar kalangan ini dilakukan agar memiliki daya saing dengan pasar modern sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

BACA JUGA:TPP Untuk ASN Kabupaten OKU Tetap Diusulkan 3 Bulan

Sebab, kata dia, pasar rakyat merupakan aspek penting dalam sistem perdagangan nasional guna menggerakkan perekonomian masyarakat hingga pelosok desa.

Selain sebagai penggerak perekonomian, pasar juga merupakan wahana interaksi sosial dan budaya masyarakat di daerah Kabupaten OKU.

"Untuk revitalisasi pasar rakyat di Kecamatan Sosoh Buay Rayap dilakukan tahun ini melalui Dinas PUPR OKU menggunakan dana Bantuan Gubernur (Bangub) Sumsel sebesar Rp4,1 miliar," jelasnya.

Revitalisasi tersebut dilakukan dengan membangun ulang pasar kalangan agar memiliki daya saing dengan pasar modern untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:Pemkab OKU Luncurkan Pasar Emak Talang Jawa

Khususnya di Kecamatan Sosoh Buay Rayap yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Pasar yang sebelumnya terkesan kumuh dibangun dengan konsep modern yang memiliki daya tampung sebanyak lebih dari 100 los pedagang.

"Melalui upaya revitalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen. Sekaligus menjadikan pasar rakyat sebagai penggerak perekonomian daerah," harapnya. (*)

Sumber: