Masyarakat Antusias Daftar Sebagai Panwaslu Kecamatan di Bawaslu Muara Enim

Masyarakat Antusias Daftar Sebagai Panwaslu Kecamatan di Bawaslu Muara Enim

Antusias masyarakat mendaftar sebagai Panwascam di Kantor Bawaslu Muara Enim, Rabu (21/09). -Palpos.id-

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Dibukanya kesempatan bagi warga untuk mendaftarkan diri sebagai Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dalam rangka pemilu serentak 2024 mendatang, disambut antusias oleh masyarakat.

Hal tersebut terbukti dengan pantauan di lapangan, masyarakat antusias hadir untuk mendaftar dan menyerahkan berkas pendaftaran untuk menjadi Panwaslu Kecamatan (Panwascam).

Ketua Pokja, Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Muara Enim Zainudin, menjelaskan bahwa sebelumnya Bawaslu sudah menginformasikan terkait penerimaan Panwascam di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Sebelumnya, kata Zainudin, Bawaslu sudah melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan.

BACA JUGA:Kader Golkar Muara Enim Segel Kantor DPD

Selain itu pihaknya juga melakukan pemasangan spanduk untuk terkait informasi pengambilan formulir pendaftaran di kecamatan atau website, juga bisa mengambil langsung di Bawaslu.

“Hari ini sudah mulai pendaftaran sekaligus penyerahan berkas calon Panwascam, terhitung mulai tanggal 21 sampai 27 September 2022,” jelas Zainudin, Rabu 21 September 2022.

Untuk kuota perempuan, kata dia, keterwakilan 30% kuota untuk perempuan, artinya apabila pada saat pendaftaran di tiap kecamatan belum terpenuhi.

Maka akan dilakukan perpanjangan selama 5 hari kerja di kecamatan yang belum terpenuhi tersebut.

BACA JUGA:KPK Diminta Kasus OTT Muara Enim Dilanjutkan

Untuk kebutuhan sendiri, lanjutnya, tiap kecamatan 3 orang Panwas jadi total untuk Kabupaten Muara Enim dengan 22 kecamatan berarti 66 orang Panwascam.

“Masyarakat hari ini cukup antusias untuk melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas. Mulai dari pukul 08.00 WIB, terutama dari kecamatan yang jauh seperti Muara Belida sudah ada yang daftar,” terangnya.

Lanjutnya, hari Sabtu dan Minggu pihaknya tetap melakukan pelayanan sebagaimana hari kerja mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Dirinya berharap masyarakat antusias dan pihaknya mampu menyukseskan proses ini sebagaimana arahan dari Bawaslu Republik Indonesia.

BACA JUGA:2 Pejabat Muara Enim Diperiksa Kejari Terkait Anggaran Pilwabup

Sementara itu, salah satu pendaftar Ria (30), mengatakan dirinya merasa termotivasi untuk ikut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dengan mendaftarkan diri sebagai Panwascam.

“Mengenai kuota 30% untuk perempuan, tentu sangat senang karena kami kaum perempuan memiliki peluang lebih untuk mendapatkan kesempatan bergabung,” ujarnya.

Dirinya berharap, jika terpilih dan lulus nanti biasa bekerja sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berada sehingga pemilu 2024 mendatang berjalan dengan lancar dan sukses. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: