Tarif Bus AKAP di Lubuklinggau Naik, Penumpang Pasrah Tak Punya Pilihan

Tarif Bus AKAP di Lubuklinggau Naik, Penumpang Pasrah Tak Punya Pilihan

Tarif bus yang ada di Kota Lubuklinggau, Kamis (22/09). -Palpos.id-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Pasca naiknya bahan Bakar Bakar Minyak (BBM) tarif transportasi di Kota Lubuklinggau langsung naik.

Bukan hanya transportasi angkutan dalam kota (angkot) namun transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) juga naik.

Kenaikan tarif tiket Bus AKAP ini mencapai Rp 80 ribu dari setiap jurusan. "Berapa persennya hitung saja, yang jelas setiap jurusan naik Rp 80 ribu," demikian diungkapkan Heri, Petugas Tiket, Po SAN  Lubuklinggau, dijumpai di loket PO SAN, Kamis 22 September 2022.

Contohnya, tambah Heri, Lubuklinggau-Jakarta sebelumnya Rp450 ribu sekarang menjadi Rp530 ribu. Lubuklinggau-Bandung yang sebelumnya Rp500 ribu sekarang naik menjadi Rp580 ribu.

BACA JUGA:Gojek Gencarkan Sosialisasi Kenaikan Tarif

Begitupun dengan jurusan Lubuklinggau-Solo, untuk kelas bisnis sekarang sudah Rp580 ribu dari sebelumnya Rp500 ribu.

Sedangkan kelas Eksekutif sebelumnya Rp620 ribu baik menjadi Rp700 ribu. "Pokoknya naik 80 ribu semua setiap jurusan," ujarnya

Kenaikan tiket ini lanjut Heri, sempat dikomplain oleh beberapa pelanggan jasa Po SAN.

Namun karena mereka butuh, mau tidak mau mereka tetap bayar selisih harga lama dengan harga baru.

BACA JUGA:Akhirnya PDAM Tirta Musi Tunda Kenaikan Tarif

"Ada yang bilang kenapa naik, bukannya tiketnya cuma Rp450 ribu kenapa sekarang lebih dari Rp500 ribu, meski protes tetapi mereka tetap bayar juga," ujar Heri.

Sementara dampak kepada penumpang, lanjut Heri, sebenarnya tidak begitu terasa. Karena jumlah rata-rata penumpang masih sama.

"Ya mungkin kalaupun pilih moda transportasi lain, tetap sama tiketnya juga naik," jelas Heri.

Sementara itu, Tri, warga Tanah Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan, mengeluhkan kenaikan tiket Bus AKAP.

BACA JUGA:Masyarakat Keluhkan Tarif Angkutan

Namun di juga tidak punya pilihan, karena satu-satunya moda transportasi dari Lubuklinggau ke Pulau Jawa yang ekonomis hanya Bus. Selain itu, kebaikan tiket juga bisa dimaklum karena dampak kenaikan BBM.

"Kalau BBM tidak naik, mungkin pelaku usaha Bus AKAP juga tidak akan menaikan tarif," katanya terkesan pasrah.

Ditambahkan Tri, kalau saja ada pilihan lain yang lebih ekonomis dan lebih cepat tiba ke pulau Jawa tanpa harus transit atau nyambung tentu dia akan menggunakan alternatif itu.

"Kalau misalnya ada Kereta Api dari Lubuklinggau langsung ke Jakarta atau Bandung atau daerah lain di pulau Jawa, ya sudah saya pilih naik Kereta saja," ujarnya sambil tertawa kecil.

BACA JUGA:Tarif Angkot Palembang Naik Jadi Rp 4.900

Pantauan Palpos.id, di Loket pemberhentian naik/turun penumpang PO SAN, terlihat lengang. Karena memang belum waktunya bus dari pulau Jawa atau sebaliknya yang akan ke Jawa masuk ke Loket.

Jadwal kedatangan dan keberangkatan jurusan Lubuklinggau-Jakarta/Bandung (PP) sekitar pukul 14.00 WIB, Lubuklinggau-Yogya/Solo  sekitar pukul 15.00 WIB. (*)

Sumber: