300 Ekor Kucing Peliharaan di OKU Disuntik Vaksin Rabies

300 Ekor Kucing Peliharaan di OKU Disuntik Vaksin Rabies

Sekda OKU, H Achmad Tarmizi saat memberikan suntikan vaksin rabies kepada salah seorang kucing milik warganya.Foto:ECO/Palpos.id--

BATURAJA,PALPOS,ID - Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia (HRB) tahun 2022, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU, menggelar suntik vaksinasi Rabies secara gratis terhadap ratusan ekor kucing peliharaan yang ada di wilayah tersebut.

 

Suntik vaksin itu sendiri diselenggarakan di Taman Kota Baturaja dan dibuka langsung oleh Sekda OKU, H Achmad Tarmizi, Rabu (28/9).

 

Diketahui, vaksin rabies ini diperuntukan terhadap  Hewan Penular Rabies (HPR ) jenis kucing dengan target 300 ekor yang hanya digelar satu hari saja.

 

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU, Tri Aprianingsih mengatakan, selain penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, pemberian vaksin anti rabies pada hewan akan memberikan perlindungan pada manusia dari dampak gigitan hewan rabies.

 

"Suntikan anti rabies pada hewan juga bisa mencegah resiko kematian pada manusia akibat gigitan hewan terinfeksi rabies," katanya.

 

Lanjut Tri, populasi HPR di Kabupaten OKU pada tahun ini cukup banyak. Yakni sebanyak 6352 ekor, yang terdiri dari anjing 3052 ekor, kucing 3272 ekor dan kera 28 ekor.

 

"Akan tetapi vaksin rabies yang tersedia di tahun 2022 ini hanya tersedia 300 vaksin. Jika dibanding HPR maka masih sangat-sangat jauh kekurangannya," keluhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: