Polres OKU Minta Masyarakat Aktifkan Siskamling

Polres OKU Minta Masyarakat Aktifkan Siskamling

Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo.-Palpos.id-

BATURAJA, PALPOS.ID - Kepolisian Resort (Polres) Ogan Komering Ulu (OKU) meminta masyarakat di daerah ini untuk mengaktifkan tradisi sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Tujuannya untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan di lingkungan sekitar.

"Jika siskamling diaktifkan kembali, kami optimistis keamanan kampung akan semakin meningkat," kata Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo, Jumat 07 Oktober 2022.

Menurut dia, kehadiran poskamling memang dibutuhkan dalam menjaga keamanan kampung, mengingat jumlah personel polisi terbatas.

BACA JUGA:Polres OKU Bongkar Sindikat Pengedar Uang Palsu Antar Kabupaten

Ia mengingatkan bahwa untuk menciptakan keamanan di suatu wilayah tidak bisa muncul dengan sendirinya atau hanya dengan mengandalkan pihak kepolisian saja, melainkan harus diciptakan bersama-sama.

Salah satunya, kata dia, dengan mengaktifkan kembali siskamling di setiap kampung untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar.

"Poskamling yang sebelumnya ada, perlu diperbaiki kembali dan masyarakatnya perlu diajak untuk menjaga keamanan wilayah sekitar bersama-sama dengan cara bergantian," ujarnya.

Apalagi, kata dia, sejak beberapa pekan terakhir kasus pembegalan dan pencurian pada malam hari di OKU meningkat.

BACA JUGA:Polres OKU Tangkap Dua Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Sehingga ketika peran poskamling dimaksimalkan, tentunya kasus kejahatan bisa ditekan semaksimal mungkin.

"Dengan adanya siskamling, setidaknya setiap malam ada warga yang berjaga-jaga di lingkungan sekitar, sehingga bisa mengamankan wilayah masing-masing," ujarnya.

Selain itu, kata dia, keberadaan poskamling juga penting karena dalam waktu dekat Kabupaten OKU akan memasuki tahun politik.

"Karena pada tahun 2024 bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu serentak di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten OKU yang biasanya setiap malam akan ramai berbagai aktivitas,” ungkapnya.

BACA JUGA:Polres OKU Gencarkan Pemberantasan Judi Online

‘’Termasuk ramai dari masing-masing tim sukses sehingga keamanan kampung harus dijaga oleh setiap warganya," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: