Ini Resep Pempek Udang yang Enak dan Mudah Dibuat

Ini Resep Pempek Udang yang Enak dan Mudah Dibuat

Pempek Udang salah satu makanan khas Palembang yang enak dan mudah dibuat--palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kota PALEMBANG memiliki beragam kuliner yang khas, salah satunya pempek udang.

Jika biasanya bahan utama pempek ini memakai ikan seperti ikan tenggiri atau ikan gabus, kali ini kita akan mencoba bahan pempek menggunakan udang.

Pempek Udang tidak kalah lezatnya dengan pempek ikan. Rasanya, yang gurih membuat pempek ini kini makin banyak diminati.

Cara membuat pempek udang juga tidak sulit. Menurut Sakdiah, Owner Pempek Udang Marcell, kunci utama pempek udang agar enak, adalah pemakaian air dalam membuat adonan pempek.

"Kalau ikan kan sedikit airnya, nah udang ini sudah banyak air. Jadi, kalau mau membuat adonannya airnya hanya satu gelas belimbing saja," kata Sakdiah.

Selain itu, lanjut dia, udang yang digunakan harus masih segar. "Kalau saya pakai udang tambak atau udang laut. Kalau udangnya sudah lama, pempeknya jadi lembut nggak enak dimakan jadi harus pakai udang segar," ungkapnya.

Sakdiah menambahkan, penggunaan tepung sagu untuk adonan udang juga harus diperhatikan.

 "Sagu yang dipakai tidak boleh sembarangan. Karena bisa membuat pempek udang jadi keras," jelasnya.

Sagu yang dipakai harus sagu tani (bungkus hijau) atau sagu udang. "Kalau pakai sagu lain, adonan tidak.menyatu bisa gagal jadi pempek udang," ujarnya.

Dalam pembuatan pempek udang, lanjut Sakdiah, jangan menambah gandum atau telur di dalam adonan. 

"Ini bisa merusak adonan, pempek udang kalau ditambah gandum saat digoreng jadi lembut. Sedangkan, kalau ditambah telur bisa membuat rasanya jadi kurang enak," paparnya. 

Kalau adonan sudah jadi, sambung dia, pempek udang bisa dibuat jadi beragam seperti pempek ikan. 

"Bisa dibuat pempek telur, pempek lenjer juga bisa," paparnya.

Saat ini, sambung Sakdiah, pempek udang sudah banyak diminati. "Untuk penjualnya memang masih belum terlalu banyak, karena bahan bakunya seperti udang itu sulit didapat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: