Dinas Koperasi Muara Enim Dorong Kemajuan UMKM

Dinas Koperasi Muara Enim Dorong Kemajuan UMKM

Kabid Pemberdayaan UMK Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muara Enim memperlihatkan berbagai produk UMKM, Senin 28 November 2022.-Palpos.id-Diskominfo Muara Enim

MUARA ENIM, PALPOS.ID - UMKM merupakan salah satu ujung tombak dalam penanganan potensi resesi 2023 mendatang.

Untuk itulah Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muara Enim melakukan peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM dengan pelatihan keterampilan teknis di Hotel grand Zuri Muara Enim, Senin 28 November 2022.

Kabid Pemberdayaan UMK, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Muara Enim, Astuti Maryanti mengatakan bahwa di Muara Enim tercatat ada 11 Ribu UMKM dimana 8Ribu diantaranya berada di bidang pengolahan termasuk kuliner.

“Di masa pandemi setidaknya ada 25 persen pelaku UMKM fakum dan sekarang mulai bangkit, kami dari pemerintah berusaha agar semua UMKM itu tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

BACA JUGA:Ramaikan Gebyar UMKM dan Pagelaran Seni Promosi Wisata Muara Enim

Beberapa yang dilakukan adalah dengan peningkatan kapasitas SDM dengan pemberian pelatihan bagi pelaku UMKM.

“Kami lakukan pemdampingan, agar semakin baik kedepannya, apalagi UMKM merupakan salah satu sektor dalam mengatasi potensi resesi 2023,” tuturnya.

Beberapa kendala lain yang dialami adalah pemasaran produk hasil UMKM tersebut dimana Dinas selaku pemerintah membantu terutama promosi.

“Semua UMKM itu kami ajak untuk berpartisipasi dalam setiap event, dan apabila ada event skala provinsi dan nasional juga selalu dilibatkan,” bebernya.

BACA JUGA:Herman Deru Motivasi Dekranasda Kabupaten/kota untuk Maksimalkan Pendampingan Bagi Pelaku UMKM

Menurutnya, UMKM memang dituntut untuk kreatif karena itu akan meningkatkan minat konsumen dalam membeli atau menggunakan jasa UMKM tersebut.

“Kami arahkan juga untuk memanfaatkan sarana atau marketplace online dan promosi menggunakan media promosi, bisa medsos dan lain lain,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, pihaknya juga mendorong UMKM untuk mendaftarkan usahanya, karena itu akan memudahkan pelakunya mendapatkan bantuan termasuk kemudahan dalam pinjaman.

“Karena tidak bisa dipungkiri semua usaha membutuhkan modal  baik itu materi ataupun non materi,” tuturnya.

BACA JUGA:42 Orang Pelaku UMKM di Muara Enim Dilatih Digital Marketing

Dalam peningkatan kapasitas UMKM, juga bekerjasama dengan penyuluh dan pendamping desa dimana itu sebagai corong informasi bagi masyarakat.

“Karena kami tidak bisa bekerja sendiri, semua butuh peran dari banyak pihak,” terangnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat untuk tidak takut untuk membuat usaha di bidang UMKM, karena efeknya akan sangat luas dan menguntungkan.

“Oleh sebab itu, kami siap mendampingi, dan memajukan UMKM di Kabupaten Muara Enim ini,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo muara enim