Tutorial Ngirup Cuko Ala Najwa Shihab, Bikin Ngiler

Tutorial Ngirup Cuko Ala Najwa Shihab, Bikin Ngiler

Najwa Shihab memberikan tutorial makan pempek dengan ngirup cuko saat dia berkunjung ke Palembang.--instagram@genpisumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID- Kota Palembang memang terkenal dengan pempeknya yang enak. Kuliner satu ini wajib banget kamu coba ketika bepergian ke Palembang. Cara makannya harus dengan cuka atau dalam bahasa Palembang disebut Cuko.

BACA JUGA:Jalan-Jalan ke Palembang. Ini 15 Tempat Makan dan Pusat Oleh-oleh yang Harus Kamu Tahu

Pempek terbuat dari daging ikan yang digiling dan dicampur tepung kanji, telur, bawang putih, dan komposisi lainnya. Makanan satu ini memiliki varian bentuk yang beragam mulai dari yang kecil-kecil hingga besar. Harga pun beragam tergantung ukuran dan banyaknya porsi Pempek yang dibeli.

Konon katanya, cita rasa pempek dan cuko disebut melambangkan keseimbangan hidup. Perpaduan rasa gurih dari ikan, kemudian rasa manis, asam, dan pedas dari cuko memberikan sensasi yang cocok di lidah banyak orang. 

BACA JUGA:Mie Bakar Kojo Rekomendasi Makanan Enak di Palembang, di Sini Lokasinya

Nah, tradisi orang Palembang kalau makan pempek itu harus ngirup cuko. Rasanya, jika tidak dilakukan dengan cara itu, ada yang tidak sempurna saat menikmati hidangan khas Palembang ini.

Bagi orang Palembang, ngirup cuko adalah suatu kenikmatan tersendiri saat makan pempek. Entah apa filosofi yang terkandung dalam ngirup cuko ini. Mungkin, bisa dikatakan bagi yang ahli ngirup cuko ini, adalah penikmat pempek sejati.

BACA JUGA:5 Makanan Khas Palembang Ini Terancam Hilang

Nah, seorang  jurnalis senior, Najwa Shihab juga mencoba untuk ngirup cuko, saat makan pempek.

Dilansir dari Instagram @genpisumsel pada (12/12),  pendiri perusahaan Narasi itu membagikan tutorial makan pempek yang benar saat ia berkunjung ke Palembang beberapa waktu lalu.

"Cara makan pempek yang bener itu begini. Pertama dicocol dulu. Terus digigit, terus baru dihirup cukonya," ujarnya sambil menyantap pempek.

BACA JUGA:Ini 6 Jenis Motif Songket Palembang. Nomor 5 Motif Paling Unik

Cuko sendiri dibuat dari cabai rawit, asam jawa, air, bawang putih dan gula merah. Cuko yang kental dan pedas, rasanya memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat pempek.

Bagi orang Palembang, cuko bukan hanya dimakan saat makan pempek. Bakwan, tahu isi, kerupuk, kemplang atau saat menikmati tekwan atau model, juga nikmat jika disiram dengan cuko ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @genpisumsel