PIALA AFF 2022 : Debut Jordi Amat Jadi Sorotan, Shin Tae-yong Puas

PIALA AFF 2022 : Debut Jordi Amat Jadi Sorotan, Shin Tae-yong Puas

Jordi Amat (kanan) debut bersama timnas Indonesia menghadapi Kamboja di SUGBK, Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)--

JAKARTA, PALPOS.ID - Laga perdana Timnas Indonesia di penyisihan Grup A ajang Piala AFF 2022 kontra Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/2022) sore WIB. Indonesia hanya menang tipis 2-1.

Dalam laga tersebut yang menjadi sorotan adalah pemain anyar naturalisasi timnas Indonesia, Jordi Amat yang menjalani debut bersama skuat Garuda.

BACA JUGA:PIALA AFF 2022 : Timnas Indonesia Tundukkan Kamboja dengan Skor Tipis 2-1

Bek tengah timnas Indonesia itu diturunkan oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menjadi starter yang bertandem dengan kapten Fachruddin Aryanto.

Di awal babak pertama berjalan, Jordi Amat tampak belum menunjukkan kualitasnya sebagai pemain yang pernah bermain di eropa.

Akan tetapi setelah memasuki paruh waktu babak pertama, Jordi Amat mulai bermain lepas. Dia bermain enjoy dan menunjukkan kualitasnya untuk menghadang permainan Kamboja. Selain itu, bek Johor Darul Ta'zim (JDT) memberi umpan-umpan yang terukur, walaupun gagal dimanfaatkan.

BACA JUGA:Sandy Walsh Dipastikan Absen, Jordi Amat Tak Sabar Debut Bersama Timnas Indonesia

Di laga tersebut, dua gol Indonesia diciptakan oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-7 dan Witan Sulaeman pada menit ke-35. Kamboja sempat menyamakan kedudukan 1-1 melalui Saret Krya pada menit ke-15.

Dengan kemenangan itu, timnas Indonesia menempati posisi ketiga klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan raihan 3 poin (dari satu laga).

Sementara Kamboja turun ke posisi empat karena di saat bersaman Filipina sukses membungkam Brunei Darussalam dengan skor 5-1.

Usai pertandingan pelatih Shin Tae-yong puas dengan penampilan debut Jordi Amat bersama timnas Indonesia.

BACA JUGA:Martinez Angkat Bicara, Ternyata Kelakuan Tak Senonoh Bukan Hanya di Qatar?

"Saya puas dengan performa Jordi. Penampilan pertamanya sangat baik," ujar Shin usai pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta seperti yang dilansir Antara, Jumat (23/12).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, Jordi dan dua pemain naturalisasi lain yaitu Ilija Spasojevic serta Marc Klok memperlihatkan permainan yang apik.

Kontribusi mereka dinilai penting untuk kemenangan Indonesia. Meski demikian, sama seperti mayoritas pemain Indonesia lain, mereka juga tidak luput dari kekurangan.

Pada laga berikutnya, timnas Indonesia akan bertandang ke markas Brunei Darussalam di Kuala Lumpur Stadium, Malaysia pada Senin (26/12) mulai pukul 17.00 WIB. (*)

 

KLASEMEN SEMENTARA PIALA AFF 2022

Grup A

1 Thailand       1   1   0   0    5-0   3

2 Filipina         2   1   0   1    7-4   3

3 Indonesia     1   1   0   0   2-1   3

4 Kamboja       2   1   0   1   4-4    3

5 Brunei           2   0   0   2  1-10   0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: