5 Fakta Unik dari Jembatan Ampera Palembang

5 Fakta Unik dari Jembatan Ampera Palembang

Jembatan Ampera Palembang yang menjadi ikon Provinsi Sumsel. -Palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Siapa yang tidak mengenal Jembatan Ampera Palembang.

Jembatan yang merupakan bangunan fenomenal dan menjadi Landmark nya Kota Palembang Provinsi Sumsel.

Jembatan Ampera Palembang yang dibangun hasil Pampasan Jepang pada Perang Dunia ke II ketika Jepang menguasai Indonesia.

Tidak terkecuali Kota Palembang yang sempat diduduki oleh Jepang dalam menguasai Indo-pasifik.

BACA JUGA:Meski Diprotes Pemasangan Lift di Jembatan Ampera Palembang Tetap Lanjut, Ini Targetnya...

Pada masa Pemerintahan Presiden Soekarno sebagai kepala negara pertama Indonesia meminta Jepang untuk membangun Jembatan di poros jalan Kota Palembang yang di belah oleh Sungai Musi Palembang.

Pembangunan Jembatan Ampera sendiri di mulai pada bulan April 1962 dan selesai diresmikan pada tahun 1965.

Dalam pembangunan Jembatan Ampera ini terlibat ahli-ahli konstruksi Jepang serta menghabiskan dana 2,5 miliar yen dalan pembangunan Jembatan Ampera tersebut yang merupakan dana dari pampasan Jepang.

Jembatan Ampera sempat pula menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara, serta Jembatan Ampera terdapat teknologi yang mempuni di masanya.

BACA JUGA:Terkait Rencana Pemasangan Lift di Jembatan Ampera, Ini Kata TACB, DPRD Sumsel dan Budayawan

Dimana tengah dapat di naik-turunkan yang di bantu alat mekanis serta dua buah bandul pemberat 500 ton di kedua menaranya.

Dalam mengangkat tengah jembatan di butuhkan waktu 30 menit bila ada kapak besar yang hendak melewati perairan Sungai Musi.

Pada tahun 1970 an pengangkatan tengah jembatan di hentikan, karena pengangkatan tengah jembatan terlalu lama dan menganggu arus lalu-lintas.

Jembatan Ampera sendiri di resnikan oleh Pahlawan Revolusi yaitu Letnan Jendral Ahmad Yani pada tanggal 30 September 1965 sebelum terjadi tragedi meletus nya  peristiwa Gerakan 30 September 1965.

BACA JUGA:Tolak Lift Jembatan Ampera, Belum Dibutuhkan Masyarakat

Inilah 5 fakta unik yang ada sDi Jembatan Ampera Palembang:

1.       Jembatan Ampera di bangun oleh tenaga ahli konsstruksi dari Jepang dan menelan dana 2,5 milyar Yen yang merupakan dana pampasan perang

2.       Peletakan batu perrama di lakukan oleh Presiden Pertama RI  yaitu Presiden Soekarno pada tahun 1962 dan nama Jembatan Ampera sempat bernama Jembatan Bung Karno namun karena perisriwa politik nama Jembatan menjadi Jembatan Ampera.

3.       Sempat menjadi Jembatan terpanjang di AsiaTenggara dengan panjang 1,177 meter dan lebar 22 meter dan tinggi 63 meter. Dan ditengah Jembatan dapat di angkat naik-turun

BACA JUGA:Kadisbudpar Sumsel Akan Kaji Ulang Pemasangan Lift di Jembatan Ampera

4.       Jembatan Ampera sempat juga masuk Point Game, Point Blank . Pembuat game online Point Blank memasukan Jembatan Ampera di dalam permainan game tersebut dan menjadi tempat favorit para gamer dikarenakan sebagai map jembatan terpanjang dan penuh dengan lorong-lorong rahasia.

5.       Jembatan Ampera diresmikan oleh Pahlawan Revolusi yaitu Letjen Ahmad Yani pada tanggal 30 September 1965 sebelum terjadinya peristiwa G30/S PKI

Itulah fakta unik dari Jembatan Ampera, sebenarnya ada banyak fakta-fakta unik dari Jembatan Ampera ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: