Awal Mei, Siswa Kelas 9 di OKI Sudah Mulai AN !

Awal Mei, Siswa Kelas 9 di OKI Sudah Mulai AN !

Siswa SMP yang sedang melaksanakan ujian.--net

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir atau OKI meminta para siswa kelas 9 atau 3 SMP mempersiapkan diri untuk menghadapi Asesmen Nasional atau AN pada awal bulan Mei 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan OKI, Muhammad Amin SPd MM melalui Kasi Kurikulum, Drs Marlian mengatakan, pada semester genap ini, waktu belajar siswa tidak banyak lagi.

"Ujiannya awal Mei, maka ada 4 bulan sebelumnya.  Namun pada semester ini ada waktu libur lebaran, paling sedikit 10 hari. Sehingga mungkin hanya tinggal 3 setengah bulan atau 3 bulan lebih sedikit masa belajar lagi," ungkapnya kepada Palpos.Id, Selasa, 3 Januari 2023.

BACA JUGA:Tak Bisa Gunakan WhatsApp di Tahun 2023, Ini Deretan Smartphonenya...

Ia menambahkan, oleh karena itu, mereka mengimbau seluruh pihak sekolah di OKI supaya jangan ada lagi waktu luang dan harus segera melaksanakan pembelajaran.

"Untuk para siswa, belajarlah dengan giat, dan jangan sampai tidak siap untuk menghadapi ujian. Dan juga, setelah ujian untuk kelas 9 selesai, akan dilanjutkan bagi kelas 7 dan 8. Dimana pada bulan Juni sudah membagikan lapor kenaikan," ujarnya.

BACA JUGA:Fish N Fun Ada Kepiting Asap Rempah, Buruan Coba!

Disinggung apa perbedaan UN dan AN ?dijelaskannya, kalau UN, soal ujian secara nasional. Dimana mereka tidak tahumenahu dan hanya dikirim soal.

"Entah itu siswa yang ada di Kayuagung dengan siswa yang ada di ujung Bumi itu sama soalnya.

Nah kalau soal ujian sekarang ini, dibuat oleh sekolah masing-masing. Sehingga gurunya itu bisa mengukur kemampuan siswa," tuturnya.

BACA JUGA:Gapura yang Dibangun Provinsi Jambi di Muratara Jadi Polemik, Ini Tanggapan Ketua DPRD Muratara

Dikatakannya lagi, misalnya seorang guru merasa di sekolahnya itu sarana atau alatnya kurang untuk pelajaran IPA. Dimana guru yang bersangkutan pasti tidak membuat soal praktek IPA tersebut. 

"Tetapi pada saat UN kemarin, orang yang membuat soal itu barangkali standarnya SMP bagus yang ada di Jakarta. Lalu, soal itu mau diberikan untuk anak-anak Cengal yang ada di ujung Bumi misalnya. Pasti tidak akan terjawab," jelasnya.

BACA JUGA:2.612 Peserta PPS Lulus Seleksi, Ini 7 Zona Ujian Tertulis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: