Mengkonsumsi Buah Nanas, Ini Manfaatnya...

Mengkonsumsi Buah Nanas, Ini Manfaatnya...

Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya saat melakukan panen perdana buah nanas di Kelurahan Karang Jaya.Foto:Prabu/Palpos.id--

PRABUMULIH, PALPOS.ID -Buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan kandungan nutrisi.

Kandungan nutrisi dalam buah yang banyak digemari oleh masyarakat ini, bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh anda.

Berikut adalah kandungan nutrisi yang ada pada buah nanas :


1. Protein

2. Lemak

3. Serat

4. Kalsium

5. Fisfor

6. Zet besi

7. Natrium

8. Kalium

9. Tembaga

10. Seng

11. Beta-karoten

12. Karoten

13. Thiamin (B1)

14. Riboflavin (vitamin B2)

15. Niasin (vitamin B3)

16. Asam askrobat (vitamin C)

17. Air


Kandungan nutrisi pada buah nanas tersebut, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

BACA JUGA:Pastikan Anda Dapat, Bansos BLT BBM Cair Lagi Rp 600 Ribu, Cek Jadwalnya!
Berikut manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah nanas mengandung Vitamin C yang bersifat antioksidan dan anti radang. Vitamin C juga memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit.

Sebuah penelitiqn dalam jurnal Nutrients tahun 2017 menyatakan, bahwa asam askorbat (vitamin C) termasuk salah satu jenis vitamin yang berperan penting dalam melindungi imun tubuh.

Mengkonsumsi buah tinggi vitamin ini, dapat membantu pencegahan terhadap infekso pernapasan dan sistemik.

Selain itu, kandungan enzim bromelain yang berguna untuk tubuh dari serangan mikroorganisme. Efek anti inflamasi dati enzim berperan dalam memperbaiki kerusakan pada tingkat sel alibat serangan kumam dan membantu stimulasi daya tahan tubuh lebih baik.


2. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat lain buah nanas yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung kalsium dan tembaga.


3. Mengurangi risiko kanker

Kandungan enzim bromelain yang terdapat di dalam buah nanas, selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal plos one menyatakan bahwa enzim tersebut dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker kolorektal.

Sedangkan penelitian lain dalam Journal of Medicinal Food membuktikan bahwa enzim ini dapat mencegah  perkembangan sel kanker payudara.


4. Membantu penyembuhan luka pasca operasi

Kandungan bromelain dalam buah nanas, ternyata juga dapat membantu proses penyembuhan luka pasca opersi berlangsung lebih cepat.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Pakistqn Medical Association menyatakan bahwa enzim bromelain yang memiliki sifat anti inflamasi dapat membantu mengatasi peradangan, pembengkakan atau luka memar yang mungkin muncul pasca operasi.


5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas ternyata cukup untuk menjaga kesehatan mata.

Sebuah penelitian yang dimuat pada jurnql Antioxidants menyatakan bahwa meningkatkan asupan beta karoten dan vitamin C dapat membantu mengurangi risiko mengalami penyakit mata yang biasa menyerang lanjut usia.

Kandungan vitamin C pada buah nanas, juga memiliki manfaat dalam.mencegah pembentukan katara pada mata. Vitamin ini juga dapat memperlambat proses perkembangan penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

BACA JUGA:Sarapan Gratis Sampai Habis di ABR, Cek Lokasinya!
5. Mengatasi gangguan pencernaan

Mengkonsumsi buah nanas juga memiliki manfaat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan rasa mual lantaran buah nanas mengandung enzim bromelain.

Enzim bromelain pada buah nanas juga dapat membantu memecah protein dengan lebih cepat dengan begitu mengonsumsi buah ini dapat mengurangi berbagai efek dari sembelit dan rasa mual setelah makan.

Selain itu, kandungan serat yang terdapat dalam buah nanas juga dapat membantu melancarkan pencernaan khususnya saat anda mengalami sembelit. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: