Gara-gara Ini Wisata OKU Terkendala, Ini Harapan Pj Bupati OKU..

Gara-gara Ini Wisata OKU Terkendala, Ini Harapan Pj Bupati OKU..

PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menyerahkan proposal paparan objek wisata kepada pemprov Sumsel yang diterima langsung Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Ir SA Supriono.-Foto: Eko-PALPOS.ID

BATURAJA, PALPOS.ID - Pj Bupati OKU melakukan paparan Program Pembangunan Kawasan Pedesaan Agrowisata Ulu Ogan Berbasis Masyarakat Bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Gubernur Sumsel, Jumat 13 Januari 2023.

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dalam paparannya menyampaikan bahwa konsep pembangunan kawasan pedesaan berbasis masyarakat tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 6 tahun 2014 tentang pembangunan kawasan pedesaan. 

Kawasan pedesaan merupakan kawasan yang mempunyai kegiatan utamanya adalah pertanian, termasuk di dalamnya pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman pedesaan, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi.

Adapun desa yang ingin dikembangkan adalah desa yang berada di Kecamatan Ulu Ogan. Karena desa ini dinilai memiliki potensi yang cukup tinggi dalam hal bidang pariwisata dan ditunjang pula oleh lahan perkebunan kopi terbesar di Kabupaten OKU

BACA JUGA:Nakes Harap Sabar, Rekrutmen PPPK Tenaga Kesehatan OKU Belum Dibuka, Ini Penjelasan Dinkes OKU..

Namun di sisi lain, dijelaskan Teddy, di bidang perkebunan dan pariwisata terdapat permasalahan utama yang menjadi pertimbangan pembangunan kawasan pedesaan salah satunya belum tersedianya infrastruktur jalan yang layak dan fasilitas penunjang infrastruktur jalan untuk mengangkut hasil perkebunan.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten OKU berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumsel agar dapat bersinergi untuk membangun kawasan pedesaan Agrowisata Ulu Ogan berbasis masyarakat tersebut.

Tentunya program yang di gerakkan oleh Kabupaten OKU ini untuk bersinergi dengan program yang dilaksanakan oleh Provinsi Sumsel yaitu Sumsel 1000 Wisata.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Ir SA Supriono mengatakan pembangunan untuk kemajuan destinasi wisata yang ada di Kabupaten OKU dalam mewujudkan program Pemerintah Sumsel.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Canangkan Program Pemberian Vitamin A

Yakni, Sumsel 1000 Wisata harus dilakukan kerjasama mulai dari Pemerintah Provinsi Sumsel hingga ke Pemerintah desa di setiap kabupaten dan kota di Sumsel yang mempunyai desa-desa yang berpotensi tinggi di bidang wisata seperti di Kabupaten OKU ini.

Sedangkan Kadisbudpar Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal menyampaikan eksistensi wisata di Kabupaten OKU harus kita mulai lakukan dari sekarang.

Karena Kabupaten OKU adalah tempat yang strategis untuk kita kembangkan khususnya Goa Harimau.  

Ini kita bisa manfaatkan untuk meningkatkan salah satunya adalah roda perekonomian masyarakat melalui wisatawan yang berkunjung, kita juga bisa memasarkan produk pertanian seperti kopi kepada wisatawan di tempat wisata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: