9 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9 Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun pisang tak sekedar untuk alas dan bungkus makanan, tetapi daun pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.-Foto : Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Pisang disukai hampir semua orang. Karena buah Pisang yang lunak dan rasanya manis. Selain itu tentu Pisang mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Orang tua dulu, bahkan memberikan buah Pisang kepada bayi yang baru lahir, sebelum ASI tersedia.

Kita juga tahu kalau bukan buah dan jantung Pisang saja yang baik untuk dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan. Daun Pisang pun sangat bermanfaat untuk digunakan alas makanan atau bungkus makanan.

Karena makanan yang dibungkus dengan daun Pisang akan lebih awet dan wangi.

Tetapi tahukah kamu kalau ternyata daun Pisang bukan hanya bermanfaat sebagai pembungkus atau alas makanan. Ternyata banyak manfaat lain dari daun Pisang untuk kesehatan dan kecantikan.

Ya untuk manfaat kesehatan dan kecantikan, bisa dikatakan tidak banyak orang tahu. Mungkin salah satunya kami yang belum tahu manfaat daun Pisang untuk kesehatan dan kecantikan.

 Nah, untuk itu mari simak manfaat daun Pisang yang berhasil Palpos.id rangkum dari beberapa sumber.

1. Menyembuhkan Luka dan Iritasi Kulit

Daun Pisang bisa mempercepat penyembuhan pada kulit yang terluka dan terkena iritasi.

Cara penggunaannya cukup muda. Haluskan daun Pisang dengan cara ditumbuk dengan lesung atau digiling dengan batu Gilingan bumbu. Lalu daun Pisang yang sudah halus bisa ditambah minyak zaitun atau bisa juga langsung dioles ke area luka atau kulit yang terkena iritasi.

Untuk menahan daun Pisang agar tidak berserakan kamu bisa membalutnya dengan perban. Biarkan antiperadangan di dalam daun Pisang yang akan menyembuhkan luka dan mengurangi iritasi yang kamu derita.

2. Mengobati Gigitan Serangga

Daun Pisang juga bisa untuk mengobati bekas gigitan serangga. Antioksidan alami yang terkandung dalam daun Pisang akan bekerja untuk proses penyembuhan gigitan serangga.

3. Mengatasi Mimisan

Daun Pisang juga bisa mengatasi mimisan. Caranya  cukup gampang kok, kamu tinggal gunakan daun Pisang yang sudah dihaluskan atau digiling, lalu oleskan sedikit ke bagian dalam hidung.

Mimisan yang kamu alami bisa langsung berhenti.

4. Mengatasi Penuaan Dini

Daun Pisang mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan didalam daun Pisang diantaranya polifenol.
Antioksidan satu in diperlukan untuk melawan berbagai gangguan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan dapat melawan radikal bebas, sehingga mencegah peradangan mikro yang disebabkan oleh radikal bebas. Peradangan tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, seperti aterosklerosis, alzheimer, demensia, bahkan kanker.

Antioksidan yang tinggi juga diketahui dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan kusam.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa minum teh daun Pisang 1-3 kali sehari.

5. Mengobati Disentri

Daun Pisang juga mengandung senyawa aktif yang mampu menghentikan peradangan pada usus yang mengakibatkan keluarnya darah yang keluar ketika buang air besar.

Cara membuat ramuan ini sangat mudah, Moms hanya cukup minum air rebusan dari daun Pisang paling tidak satu kali sehari untuk pengobatan.

6. Mengobati Sakit Tenggorokan

Radang pada tenggorokan juga sering kali datang saat cuaca sedang panas atau pergantian musim.

Biasanya kondisi ini ditandai saat kamu menelan sesuatu, maka kamu akan merasakan sakit di area tenggorokan.

Obat alternatif dari daun Pisang ini dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Caranya, yaitu dengan minum air rebusan daun Pisang secara rutin.

7. Meredakan Demam

Cara tradisional meredakan demam yang biasa digunakan masyarakat dengan menempelkan sapu tangan atau handuk dingin  ke kening.

Namun cara itu bisa diganti dengan daun Pisang. Caranya olehkan minyak kelapa pada permukaan daun Pisang lalu tempelkan kedahi.

Bisa juga mengobati demam dari dalam dengan cara meminum rebusan daun Pisang. Biarkan efek astringen yang bekerja menurunkan dan meredakan demam.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun Pisang kering mengandung allantoin, zat yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Kamu bisa minum rebusan daun Pisang atau teh minimal sehari sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu tidak mudah terkena penyakit.

9. Menghaluskan Rambut

Rambut yang kasar dan berketombe pada kulit kepala sungguh tidak sedap dipandang mata.  Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan daun Pisang yang sudah dihaluskan.

Caranya tambahkan sedikit air pada daun Pisang yang sudah dihaluskan lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala sebagai bahan crembat rambut. Setelah itu kamu bisa merasakan rambut mu berubah menjadi lembut dan lebih sehat.

Nah itulah tadi fungsi dan manfaat daun Pisang selain untuk bungkus atau alas makanan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: