Diskominfo OKU Bangun Jaringan Internet di 10 Desa

Diskominfo OKU Bangun Jaringan Internet di 10 Desa

Kepala Diskominfo OKU, Priyatno Darmadi--eko/palpos.id

BATURAJA, PALPOS.ID- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), pada tahun ini membangun jaringan internet di 10 desa yang tersebar di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Lengkiti, Kedaton Peninjauan Raya, dan Muara Jaya.

"Salah satunya Desa Muara Saeh, Kecamatan Muara Jaya yang menjadi prioritas pembangunan tahun ini karena daerah ini terkendala jaringan internet," kata Kepala Diskominfo OKU, Priyatno Darmadi, Minggu (12/3).

Dia mengatakan, pembangunan akses internet itu dibangun menggunakan dana Bantuan Gubernur (Bangub) Sumsel tahun anggaran 2023.

BACA JUGA:Pemkab OKU Wujudkan Program Kredit Usaha Mikro Bagi UMKM

Saat ini proses pembangunan masih dalam tahap lelang proyek oleh pihak ketiga dan dijadwalkan mulai dibangun pada Juni 2023 mendatang.

"Paling lambat Juni 2023 proses pembangunan mulai dilakukan di 10 desa yang tersebar di kecamatan itu," jelasnya.

Dia menjelaskan, perluasan jaringan internet tersebut nantinya dirancang menggunakan teknologi fiber optic yang tahan dalam berbagai kondisi cuaca.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan OKU Optimalkan Puskesmas Rabies Center

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat di pedesaan di Kabupaten OKU lebih mudah dalam memanfaatkan perkembangan teknologi di era digital.

"Perluasan jaringan ini kami lakukan secara bertahap setiap tahun dengan target seluruh desa di OKU memiliki akses internet yang memadai," ujar dia.

BACA JUGA:Bupati OKU Minta BPBD Optimal dalam Menanggulangi Bencana Alam

Berdasarkan data, kata dia, sejak diluncurkan pada 2021 program tersebut telah menyentuh sebanyak 15 desa di Kabupaten OKU yang kini sudah menikmati jaringan internet gratis dari pemerintah.

Dengan adanya pembangunan jaringan internet ini diharapkan agar masyarakat lebih mudah berkomunikasi menggunakan telpon genggam dan dapat menerima penyebarluasan informasi dari pemerintah yang bermanfaat bagi warga di Kabupaten OKU.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: