Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H, 19 Unit Bus di Sumsel Siap Untuk Mudik gratis, Berikut Ini Rutenya...

Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H, 19 Unit Bus di Sumsel Siap Untuk Mudik gratis, Berikut Ini Rutenya...

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo bersama Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat melakukan pelepasan pemberangkatan mudik gratis. --Foto : Abdus Salam

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mendampingi Gubernur Sumsel, H Herman Deru melakukan pelepasan pemberangkatan mudik gratis dengan tujuan mudik dalam dan luar provinsi Sumsel dengan menggunakan moda Bus.

Kegiatan ini dilakukan di terminal Alang-alang Lebar Palembang, Kecamatan Alang-alang Lebar Palembang, Rabu (19/04/2023) yang disaksikan para pemudik di dalam bus yang telah disiapkan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel Ari Narsa mengatakan, bahwa kegiatan ini dalam rangka memberikan fasilitas kepada masyarakat, yang membutuhkan kendaraan untuk pulang kampung lebaran bersama keluarga.

BACA JUGA:Aman dan Selamat Selama Cuti/Mudik Lebaran, Dandim Berikan Tips Ini Untuk dilakukan

"Dengan program kita ini dapat mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan khususnya sepeda motor. Sehingga dapat menciptakan keamanan dan ketertiban berlalu lintas," ungkapnya.

Dirinya menuturkan, bahwa ini merupakan tahun kedua penerapan program mudik gratis, dimana tahun sebelumnya juga dilakukan hal yang sama, yang berbeda tahun ini ditambah dengan transportasi kereta api.

"Program yang kita lakukan ini merupakan inisiasi dari Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengenai memfasilitasi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Dan ini tahun kedua penerapan program mudik gratis ini," kata Ari Narsa.

Jumlah bus yang disediakan dalam kegiatan tersebut diketahui ada 19 unit bus dengan rincian 12 unit melayani antar kota, antar kabupaten dalam provinsi Sumsel dengan rute Palembang - lahat - pagaralam - pendopo sebanyak 3 bus, Palembang-lahat-tebing tinggi sebanyak 2 bus, Palembang - sekayu - lubuklinggau - muratara atau Rupit sebanyak 3 bus.

Kemudian Palembang - kayuagung - blitang - muara dua sebanyak 1 bus dan Palembang - muara enim - baturaja - martapura - muara dua sebanyak 3 bus.

Untuk Luar provinsi total armada 7 bus, dengan rincian Palembang - terminal amplas medan sebanyak 1 bus, Palembang - padang Sidempuan Sumut sebanyak 1 bus, Palembang-bukit tinggi Sumbar sebanyak 1 bus, Palembang-solok lubuk Basung Sumbar sebanyak 1 bus dan Palembang-Terminal tirtonadi Solo sebanyak 3 bus.

"Dari data yang kita terima untuk penumpang bus sebanyak 748 orang (472 orang dalam provinsi dan 276 orang diluar provinsi), sedangkan penumpang kereta api sebanyak 1.272 orang," ujar Ari Narsa.

Untuk Kereta api dilakukan dua rangkaian (Palembang - prabumulih - muara enim - lahat - tebing tinggi - lubuklinggau) dan satu rangkaian berikutnya (Palembang - prabumulih - baturaja - martapura - tanjung karang).

"Dalam program mudik gratis kita ini dijamin asuransi oleh PT jasa Raharja selama 14 hari, diharapkan masyarakat dapat berkumpul bersama dengan keluarganya di kampungnya masing-masing," terang Ari Narsa.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan, bahwa dari partisipasi sekecula apapun ataupun seperti program yang dilakukan ini dapat mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan di jalan raya.

BACA JUGA:Aktivitas Belanja dan Arus Mudik di Lubuklinggau Meningkat 40 Persen, Ini Kata Kapolres...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: