Viral Dugaan Pungli di Perairan Simpang PU Desa Bunga Karang, Ini Kata Kapolda Sumsel...

Viral Dugaan Pungli di Perairan Simpang PU Desa Bunga Karang, Ini Kata Kapolda Sumsel...

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo. Foto : - Dokumen/Palpos.id ---

PALEMBANG, PALPOS.ID - Ditpolairud Polda Sumsel melakukan investigasi sehubungan dengan viralnya dugaan pungli, melalui media sosial yakni Instagram dan Tiktok di perairan simpang PU Desa Bunga Karang, Kabupaten Banyuasin, Senin 8 Mei 2023 lalu. 

Hal tersebut langsung diungkapkan Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo melalui Kabid Humas, Kombes Pol Drs Supriadi mengatakan, bahwa peristiwa terjadi di Pangkalan Sandar Simpang PU (Dit Polairud Polda Sumsel) dan Pos Dishub Simpang PU, Kabupaten Banyuasin. 

"Anggota kita Ditpolairud Polda Sumsel telah melakukan investigasi terhadap personil Pangkalan Sandar Simpang PU," ungkapnya, Kamis (11/05/2023).

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Dibalik Partai Nasdem Mendaftar Ke KPU Pada Tanggal 11 Pukul 11.00 Wib

Dijelaskannya, bahwa mengenai tugas dan tanggung jawab personil Ditpolairud Polda Sumsel di perairan Simpang PU memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Seperti imbauan masyarakat tentang keselamatan berlayar, pengecekan terhadap alat navigasi kapal berikut barang muatan serta menggalakkan bahaya hewan buas (buaya) yang banyak terdapat di perairan Simpang PU. 

Dalam pelaksanaan tugas selalu bersinergi dengan stakeholder dari Kabupaten yaitu Dishub. Untuk transportasi dinas PS.

BACA JUGA:17 Adegan Pembunuhan Anak Terhadap Ayah Kandungnya, Pasal Dua Butir Telur Ayam

Simpang PU memiliki speedboat Dinas dg spesifikasi mesin 40 pk merk suzuki. Pada saat kejadian speed dinas polair sedang standby di depan mako PS Simpang PU. 

Selanjutnya, investigasi dengan Pihak Dishub Kabupaten banyuasin, didapatkan pihak dari Dishub Simpang PU Kabupaten Banyuasin yang tertera dari perbup nomor 8 tahun 2021 tentang retribusi daerah. 

Pihak Dishub menghampiri ke kapal yang sedang berlayar untuk mengecek muatan kapal dan pada saat kejadian personil Dishub tidak meminta apapun hanya menghampiri.

BACA JUGA:Belasan Ribu Permohonan Paspor ke ASEAN Dilayani Petugas Imigrasi Palembang Kemenkumham Sumsel

Personil Dishub Simpang PU menurut keterangan Ka Pos Dishub Kab. Banyuasin semuanya adalah tenaga honorer. 

"Dari hasil pemantauan di lapangan kita, dapatkan bahwa yang memberitakan di medsos instagram dan tiktok tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan, karena yang memberitakan tanpa melihat dan turun langsung ke lapangan," kata Kapolda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: