Ratusan Ekor Sapi di OKU Terkena Penyakit Cacar

Ratusan Ekor Sapi di OKU Terkena Penyakit Cacar

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU, Hj Tri Aprianingsih.foto:Eco/Palpos.Id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Plt Kabid Peternakan di Dinas Peternakan Kabupaten OKU, drh Putut Pantoyo mengungkapkan bahwa saat ini ada ratusan ekor sapi di daerah itu terserang penyakit Lumpy Skin Deseases (LSD).

"Penyakit LSD itu sendiri biasanya disebut cacar atau lato-lato. Saat ini penyakit tersebut sudah menyerang di seluruh kecamatan di OKU," kata Putut, saat dikonfirmasi, Rabu (24/5).

Dia menjelaskan, untuk tingkat kematian atau mortalitas tergolong rendah atau sekitar 2-5 persen. Namun memiliki tingkat penularan atau morbilitas tinggi hingga 100 persen.

BACA JUGA:Bidan Desa Wajib Berikan Pelayanan Selama 24 Jam

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU, Hj Tri Aprianingsih mengatakan, pihaknya saat ini banyak menemukan hewan ternak yang mengalami penyakit kulit. "Penyakitnya ditandai dengan luka bentol di tubuh ternak," bebernya.

Kendati demikian lanjut dia, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan kalau ada hewan ternak yang mati akibat penyakit kulit tersebut.

Pihaknya sendiri ungkap Tri, dalam waktu dekat akan segera memberikan vaksin kepada hewan ternak yang terkena penyakit kulit tersebut.

BACA JUGA:Kesal Lahannya Jadi TPS Liar Warga Tulis Doa Ini, Yang Baca Jadi Merinding

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Buatan di Indonesia, Rekomendasi Liburan Sekolah

Namun pihaknya juga mengimbau kepada para peternak di OKU agar menjaga kebersihan kandang ternak. Serta ternak diberikan vitamin dan makanan yang baik. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: