HATI-HATI! Pilih Hewan Kurban Awas Penyakit Kuku Mulut, Ini Ciri-cirinya...

HATI-HATI! Pilih Hewan Kurban Awas Penyakit Kuku Mulut, Ini Ciri-cirinya...

Petugas kesehatan hewan saat melakukan pemeriksaan kesehatan sapi milik peternak.--PALPOS.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Guna mengantisipasi adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan qurban jelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota PALEMBANG melakukan pengecekan ke peternakan hewan.

“Memang kasus PMK sudah tidak ada lagi tetapi kita tetap mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi lagi, makanya mulai dari sekarang kita sudah mulai turun ke tempat peternakan memantau hewan qurban untuk dijual menjelang Idul Adha nanti,” ujar Sayuti Kepala DPKP Kota Palembang, Rabu (31/5/2023).

Dalam hal ini Sayuti mengatakan jika setelah dilakukan pengecekan terhadap hewan ternak tersebut dapat dipastikan semuanya aman dari PMK.

BACA JUGA:Komunitas Pajero se-Indonesia Kopi Darat di Palembang, Bakal Ramai Wisatawan...

“Setelah dicek hewan yang nantinya akan dijual untuk qurban ternyata aman dikonsumsi, karena memang sudah ada jaminan halalnya dan secara syariat Islam telah memenuhi syarat,” katanya.

Sayuti menyampaikan jika untuk ketersediaan hewan qurban yang ada di Kota Palembang cukup, oleh sebab itu dirinya mengimbau agar masysrakat yang ingin berqurban untuk membeli hewan qurban dari pedagang yang ada di Kota Palembang saja demi mencegah adanya penularan penyakit PMK dari luar.

"Untuk pemotongan sapi pada saat Idul Adha setiap tahunnya cukup banyak, yakni 4.000 hingga 5.000 ekor dari pengalaman tahun sebelumnya, artinya ini cukup banyak kalau cari di Palembang Insya Allah tersedia, serta ini juga agar mencegah penularan penyakit PMK dari luar kota," imbuhnya.

BACA JUGA:Buah Murbei Punya Segudang Manfaat, Bisa Jadi Penambah Imun

Sayuti juga mengimbau kepada semua pedagang yang menjual hewan qurban untuk tidak mengambil sapi dari luar kota yang masih ada temuan kasus hewan ternak terjangkit PMK.

“Sampai sekarang tidak ada kasus PMK lagi, kami takutnya jika ada sapi yang masuk dari luar, tidak tahu kondisinya seperti apa,” tutupnya.

Berikut ciri-ciri hewan yang terkena penyakit PMK :

BACA JUGA:4 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Nomor 3 Bikin Kaum Hawa Happy!

1. Ditemukan lepuh yang berisi cairan atau luka yang terdapat pada lidah, gusi, hidung, dan tercak atau kuku hewan yang terinfeksi.

2. Hewan tidak mampu berjalan atau pincang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: