Sumur Tercemar, Belasan Warga Kesulitan Air Bersih

Sumur Tercemar, Belasan Warga Kesulitan Air Bersih

Anggota komisi 3 DPRD kota Prabumulih saat meninjau sumur warga yang tercemar.-Foto : Prabu/Palpos-

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Belasan warga RT 01 RW 02 Kelurahan Tanjung Raman Kecamatan PRABUMULIH Selatan Kota PRABUMULIH, mengeluh. Pasalnya, air sumur warga tersebut tercemar.

Akibatnya, belasan kepala keluarga (KK) yang sumurnya tercemar tersebut  mengalami kesulitan air bersih.

Belum diketahui secara pasti, apa penyebab tercemarnya air sumur warga tersebut. Ada yang menduga air sumur tercemar akibat, sesismik yang dilakukan perusahaan BUMN. Namun ada juga yang menyebutkan, air sumur tercemar akibat septik tank bocor.

BACA JUGA:Kirab Pemilu, Ketua KPU Prabumulih Berharap Partisipasi Pemilih Meningkat

“Saya atas nama warga yang sumurnya tercemar meminta kepada pemerintah, agar memperhatikan persoalan ini. Karena sejak tercemar limbah, warga menjadi kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Suryanto, Ketua RT 01 RW 02 Kelurahan Tanjung Raman, Rabu (14/6).

Sementara, salah satu warga yang enggan disebutkan namanya meminta kepada pemerintah agar mengusut apa penyebab tercemarnya sumur milik mereka.

“Kalau septik tank bocor, dak mungkin sampai belasan sumur tercemar. Dan kalaupun benar, apa penyebab septik tang bocor kan tidak pernah dilintasi kendaraan,” ujarnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan Air Bersih, PDAM Tirta Prabujaya Bangun Booster Baru

Menanggapi keluhan warga tersebut, Komisi 3 DPRD Kota Prabumulih dipimpin langsung Ketua Komisi 3, Feri Alwi SH yang menerima laporan warga langsung turun meninjau lokasi belasan sumur yang tercemar bersama tim dari dinas kesehatan dan dinas lingkungan hidup serta pihak kecamatan dan kelurahan.

Di lokasi sumur tersebut, para wakil rakyat tersebut melihat langsung sumur yang tercemar yang kondisi airnya berwarna coklat tuan dan menebar aroma tidak sedap.

“Tadi komisi 3 turun ke lapangan menindaklanjuti laporan warga kelurahan tanjung raman, masalah pencemaran sumur. Setelah kami data ada 15 sampai 16 sumur yang tercemar,” ungkapnya.

BACA JUGA:Segera Kirim Naker ke Jepang Walikota Bakal Pastikan Perusahaan yang Menampung

Setelah melakukan peninjauan bersama dinkes dan dinas lingkungan hidup sambung Feri Alwi, hasil uji laboratorium terhadap sampel air sumur yang tercemar telah keluar.

“Hasilnya menyatakan bahwa itu dikarenakan limbah domestik, salah satunya itu mungkin septik tank,” tuturnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: