14 Manfaat Mandi Air Laut Bagi Kesehatan Tubuh

14 Manfaat Mandi Air Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi air laut di pantai.--Pinterest

PALEMBANG, PALPOS.ID - Siapa yang tidak tahu kalau air laut itu rasanya asin. Menurut dr Khairun M Kes AIFO, dibalik asinnya air laut terkandung berbagai mafaat bagi tubuh. 

Air laut mengandung mineral dan ion yang mirip dengan plasma darah manusia. Mandi atau berendam di air laut ternyata bermanfaat untuk kesehatan. 

Air laut umumnya memiliki 3,5 persen garam (natrium klorida). Untuk 1 liter air laut mengandung 35 gram garam, sebagian kecil magnesium, sulfat dan kalsium. 

Air laut kaya akan mineral esensial yang berguna bagi berbagai proses metabolik dan fungsi kerja sel dalam tubuh seperti:

BACA JUGA:5 Fakta Unik Mall Pertama dan Terbesar di Palembang yang Jarang Diketahui

1. Magnesium 

Magnesium sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena digunakan sebagai katalisator lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh.

Hampir 50 persen magnesium disimpan dalam tulang. Bagian lainnya ada di sel jaringan tubuh dan organ lainnya. Hanya sekitar 1 persen saja ada di dalam darah. 

2. Potasium

Potasium atau kalium adalah mineral terbanyak ke tiga di dalam tubuh kita. Mineral ini punya peran penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Potasium juga sangat berperan dalam proses kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah dan imunitas atau menjaga sistem kekebalan tubuh. Kekurangan potasium dapat berakibat fatal bagi kesehatan. 

3. Kalsium sulfat

Kalsium sulfat merupakan garam yang terdapat di dalam air laut dan di lingkunan alam yang lain. Kalsium sulfat sangat bermanfaat terutama untuk metabolisme tubuh, penghubung antar saraf dan juga membantu proses kerja kontraksi otot polos termasuk jantung dan organ dalam juga otot rangka.

BACA JUGA:Ini Kain Khas yang Dikenakan Wapres Ma'ruf Amin di Acara Apkasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: