Rawan Lakalantas, Warga Prabumulih Keluhkan Banyak Lampu Jalan Tak Menyala

Rawan Lakalantas, Warga Prabumulih Keluhkan Banyak Lampu Jalan Tak Menyala

Petugas dari dinas perkim tengah memperbaiki lampu jalan yang rusak.-Foto : Prabu/Palpos-

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Sejumlah masyarakat Kota Prabumulih mengeluhkan banyaknya lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sepanjang jalan protokol yang tidak berfungsi alias tidak menyala yang membuat jalanan menjadi gelap gulita dan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Warga mengaku khawatir, tidak berfungsinya lampu penerangan jalan umum dapat membahayakan pengendara kendaraan.

Pasalnya, saat ini di sepanjang jalan protokol itu tengah dilakukan pengerjaan perbaikan dan banyak lobang-lobang yang menganga.

BACA JUGA:Gara-gara Diseruduk Babaranjang, Strada Putih Terjungkal

“Kami berharap pihak terkait segera melakukan perbaikan terhadap lampu-lampu jalan, soalnya saat ini banyak lobang-lobang yang menganga yang sering tak terlihat apalagi saat turun hujanyang dikhawatirkan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” ungkap Andre warga Kelurahan Wonosari, Kamis (27/7).

Senada dikatakan Ana, warga Kelurahan Karang Raja. Ibu rumah tangga ini mengaku, kerap khawatir saat pulang kerja di malam hari.

“Kantor kami kan di Patih Galung, dari ujung sana sampai ke kawasan banyak lampu jalan yang mati sehingga jadi gelap, kondisi ini membuat kami takut karena gelap dan banyak lobang,” ujarnya.

BACA JUGA:Tidak Kuorum, Rapat Paripurna DPRD Prabumulih Diskors

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno SE MIKom menuturkan, pihaknya telah menginstruksikan kepada Dinas Perkim selalu stakeholder yang bertanggungjawab mengenai LPJU agar segera memperbaiki lampu penerangan jalan yang tidak berfungsi.

“Sudah kita konfirmasi ke dinas perkim, menurut kepala dinas perkim saat ini mereka sedang melakukan perbaikan terhadap lampu jalan yang tidak berfungsi atau rusak,” ungkap Sutarno.

Masih kata Sutarno, selama ini perawatan dan perbaikan LPJU terkendala rusaknya mobil operasional perbaikan lampu jalan tersebut.

BACA JUGA:Mediator antara Pemkot dan Petro Prabu, JPN Kejari Prabumulih Berhasil Pulihkan Keuangan Negara Rp1,3 Milyar

“Saat ini menurut dinas perkim terkendala mobil rusak, nah sekarang sudah ada mobil yang baru jadi mereka sudah mulai melakukan perbaikan,” bebernya.

Lebih lanjut Sutarno mengimbau kepada masyarakat, agar segera melaporkan kepada pihak terkait apabila ada lampu jalan yang tidak berfungsi.

“Laporkan segera, supaya dapat segera diatasi dan dilakukan perbaikan,” imbuhnya.

BACA JUGA:Siapkan Anggaran Pembangunan Kantor Lurah Hasil Pemekaran

Terpisah, Kepala Dinas Perkim, Mayduty Fitriamsyah ST MT mengakui adanya keluhan masyarakat mengenai banyaknya LPJU yang tak berfungsi.

Menanggapi itu sambung Duty, pihaknya saat ini sedang menyisir dan memperbaiki LPJU yang rusak tersebut.

“Saat ini kami tengah menyisir titik-titik LPJU yang dilaporkan tidak berfungsi untuk dilakukan perbaikan. Perbaikannya kita lakukan secara bertahap, mengingat minimnya SDM dan sarana prasarana yang ada,” ujarnya.

BACA JUGA:Sekda Prabumulih, Pejabat dan ASN Wajib Tau Hirarki

Ditanya mengenai faktor penyebab tidak berfungsinya LPJU, Duty menuturkan hal itu terjadi karena faktor usia lampu jalan dan juga banyaknya kabel-kabel LPJU yang dicuri oknum tak bertanggungjawab.

“Terkait kabal yang hilang, sudah kami laporkan ke aparat kepolisian. Sedangkan yang rusak telah kami perbaiki, namun secara bertahap,” pungkasnya seraya menegaskan kedepan pihaknya akan terus meningkatkan kinerja. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: