Muara Enim Siap Berikan Kemudahan dalam Berinvestasi

Muara Enim Siap Berikan Kemudahan dalam Berinvestasi

Plt Asisten III H Rinaldo SSTP MSi (Batik Merah) menghadiri acara SUMMIT EXPO 2023 di Palembang.--

MUARA ENIM,PALPOS.ID – Dalam acara Forum Bisnis yang merupakan salah satu point penting dalam Sumatera Multi Investment & Trade (SUMMIT EXPO 2023). Pemerintah Kabupaten Muara Enim siap berikan kemudahan dalam berinvestasi.

Kemudahan berinvestasi di Bumi Serasan Sekundang disampaikan Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum H Rinaldo SSTP MSi saat menghadiri acara Forum Bisnis yang merupakan salah satu point penting dalam Sumatera Multi Investment & Trade (SUMMIT EXPO 2023) yang berlangsung di Ballroom 1 Hotel Novotel Kota Palembang.

Acaraa dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dan dihadiri Menteri Investasi/Kepala BKPM RI melalui Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Saribua Siahaan, serta para investor atau pelaku bisnis baik dari dalam maupun luar negeri, Kamis (24/8).

Turut hadir mendampingi Plt Asisten III, Kepala Bappeda, Kadis PMPTSP, Kadis Parekraft, Kadis Perindag, Kadis Perkebunan, Kadis Koperasi dan UKM, dan Kadis Kominfo Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Persiapan Festival Dodol Minta Wali Sudah 80 Persen

H Rinaldo SSTP MSi mengatakan, forum bisnis ini sangat baik sekali untuk akselarasi pertumbuhan ekonomi disetiap daerah tanpa terkecuali di Kabupaten Muara Enim karena Kabupaten Muara Enim memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah, sebut saja ada batubara, minyak, gas, panas bumi, karet, sawit, kopi, pariwisata juga UMKM serta berbagai hilirisasi batu bara dan banyak  sumber daya alam lain yang bisa diangkat atau dikerjasamakan dengan para investor.

Untuk perizinan sendiri, kata Aldo, Pemkab Muara Enim siap mendukung para investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Muara Enim dengan memberikan segala kemudahan bahkan siap mendampingi untuk cek lokasi atau lain sebagainya.

“Di Muara Enim semuanya praktis dan mudah, apalagi untuk investor yang mau menanamkan investasinya di Kabupaten Muara Enim, semuanya akan kita bantu dan tidak dipersulit, bila perlu kita bantu langsung kelapangan, misalkan mau cari lahan untuk tempat mereka membangun perusahaan atau terkait pembebasan lahannya akan kita bantu,” tuturnya.

BACA JUGA:Tanam Pohon Secara Serentak se-Indonesia

Selain itu, Rinaldo juga mengungkapkan kalau ditahun ini Pemkab Muara Enim menargetkan angka investasi naik antara 15 sampai 18 triliun. 

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Forum Bisnis ini ada investor yang tertarik dengan peluang investasi atau sumber daya alam yang ada di Kabupaten Muara Enim sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat juga pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim.

“Mari kita bersinergi mempermudah para investor berinvestasi di Kabupaten Muara Enim untuk membuat ekonomi tumbuh guna kemakmuran masyarakat. Jadi manfaatkanlah kesempatan ini dalam menarik para investor,” ajak Rinaldo.

BACA JUGA:Susun Profil Ekonomi Kreatif

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan H Darma Budhi, mengapresiasi peluang investasi di Kabupaten Muara Enim yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

“Saya sangat mengapresiasi peluang investasi yang ditawarkan Pemkab Muara Enim dalam pameran ini. Sebut saja ada KITE (Kawasan Industri Tanjung Enim) yang memuat banyak peluang investasi menjanjikan dan berkelanjutan seperti halnya ada PLTU Sumsel 8. Kemudian hilirisasi batu bara DME (Dimethyl Eter/batu bara jadi gas LPG),  Industri CPO, Industri hilirisasi coal to chemical, serta yang tak kalah menjanjikan yakni berbagai pemanfaatan dari hasil pembakaran batu bara (FABA),”ucap Darma Budhi.

Melihat peluang investasi yang sangat menjanjikan ini, ia didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumatera Selatan H Lusapta Yudha Kurnia optimis kedepan Kabupaten Muara Enim dapat menjadi kabupaten yang membuat semua kalangan untuk memperhitungkannya, ungkap Darma.

BACA JUGA:Rangka eSAF Keropos, Bisa Klaim Garansi

Selain itu, Asisten II  berpesan kepada Pemkab Muara Enim dalam hal ini DPMPTSP Kabupaten Muara Enim serta pihak terkait untuk bisa memaksimalkan peluang kerjasama investasi yang ada agar segala potensi sumber daya alam (SDA) di Kabupaten Muara Enim dapat dikelola secara maksimal dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Saya berharap melalui SUMMIT EXPO 2023 ini, Kabupaten Muara Enim dapat semakin dikenal luas oleh para investor baik dari dalam negeri maupun mancanegara yang berujung pada jalinan kerjasama,” harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: