Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 Kabupaten Gabung Provinsi Baru Yakni Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 Kabupaten Gabung Provinsi Baru Yakni Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 Kabupaten Gabung Provinsi Baru Yakni Provinsi Ketapang.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KETAPANG, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 Kabupaten Gabung Provinsi Baru Yakni Provinsi Ketapang.

Kabar mengenai rencana pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat telah mencuat dalam beberapa bulan terakhir, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat

Terutama, fokusnya adalah pembentukan Provinsi Ketapang atau yang mungkin akan dikenal dengan sebutan Provinsi Tanjungpura

Langkah ini dimulai dengan bergabungnya dua kabupaten, yaitu Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara. Meskipun saat ini baru dua kabupaten yang menyatakan kesiapannya untuk bergabung, namun rencana pemekaran ini tidak dapat dihindarkan.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Menuju Terwujudnya Provinsi Kapuas Raya

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Menjelajahi Kecantikan Danau Labuan Cermin di Kabupaten Berau

Dalam upaya memenuhi syarat minimal yang ditetapkan pemerintah, yaitu bergabungnya minimal lima daerah, Kabupaten Ketapang akan mengalami perubahan signifikan. 

Salah satunya adalah perubahan status Kabupaten Ketapang menjadi Kota Ketapang dengan penggabungan dua kecamatan.

Kedua kecamatan yang akan bergabung untuk membentuk Kota Ketapang adalah Kecamatan Delta Pawan dan Kecamatan Benua Kayong

Kecamatan Delta Pawan, yang terdiri dari 5 kelurahan dan empat desa, akan dipecah menjadi dua kecamatan lagi, yaitu Kecamatan Delta Pawan Barat dan Kecamatan Delta Pawan Timur. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Wisata Eksotis Goa Mulut Besar Calon Provinsi Berau Raya

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Taman Laut Kelas Dunia Kabupaten Berau Calon Provinsi Berau Raya

Sementara itu, Kecamatan Benua Kayong juga akan dipecah menjadi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Benua Kayong Barat dan Kecamatan Benua Kayong Timur.

Dengan adanya pemekaran ini, luas wilayah Kota Ketapang akan mencapai 423 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk sekitar 138.008 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk BPS tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: