Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau Surga Perkebunan di Timur Kalimantan

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau Surga Perkebunan di Timur Kalimantan

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau Surga Perkebunan di Timur Kalimantan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BERAU, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Berau surga perkebunan di timur Kalimantan.

Pasalnya, Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki karakteristik geografis yang unik dan beragam. 

Dengan ibukota Tanjung Redeb, kabupaten ini terletak di antara 116° hingga 119° Bujur Timur dan antara 1° Lintang Utara hingga 2°33' Lintang Selatan. 

Wilayah Kabupaten Berau berbatasan dengan Kabupaten Bulungan di utara, Laut Sulawesi di timur, Kabupaten Kutai Timur di selatan, dan Kabupaten Malinau, Kutai Barat, serta Kutai Kartanegara di barat. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Moratorium DOB Hambatan Utama Calon Provinsi Berau Raya

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, Banyak Permata Alam dan Sejarah di Kabupaten Berau

Dimana, salah satu sektor unggulan di Kabupaten Berau adalah pertanian, khususnya perkebunan. Kabupaten ini dikenal dengan produksi beberapa komoditas pertanian yang penting, seperti kelapa sawit, kakao, karet, dan kelapa. 

Potensi pertanian dan perkebunan ini menjadi salah satu pilar ekonomi masyarakat Kabupaten Berau. Misalnya ada 28.835 petani kelapa sawit dengan luas lahan 135.092 hektare dan produksi 2.372.182 ton kelapa sawit.

Kemudian, ada 2.801 petani karet dengan luas lahan 6.173.135 hektare dan produksi 163 ribu ton karet. Serta 1.312 petani kakao dengan luas lahan 1.625.885 hektare dan produksi 794 ribu ton kakao.

Merujuk pada data-data ini, bisa diketahui bahwa kelapa sawit merupakan komoditas utama di Kabupaten Berau dengan luas areal mencapai 135.092 hektare dan produksi sekitar 2.372.182 ton pada tahun 2019. 

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur Usul Bentuk Kabupaten Berau Pesisir

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Calon Provinsi Sambas Raya Bangkitkan Sejarah Kejayaan

Produktivitas kelapa sawit di Berau juga tergolong tinggi, mencapai 23.315 kg per hektare. Selain kelapa sawit, komoditas karet, kakao, kelapa dalam, lada, kopi, kemiri, cengkeh, dan pala juga menjadi bagian penting dari sektor perkebunan di kabupaten ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, produksi perkebunan di Kabupaten Berau telah mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2018, total produksi perkebunan mencapai 2.011.237 ton, sedangkan pada tahun 2019, produksinya meningkat menjadi 2.375.642 ton. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: