Bina Desa Cantik Berkesinambungan dan Komprehensif

Bina Desa Cantik Berkesinambungan dan Komprehensif

BINA : Dinas Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan Program Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Desa Muara Gula Baru.--

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Guna mencapai target satu data Indonesia, Pemerintah Kabupaten MUARA ENIM melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus melakukan sejumlah upaya, salah satunya bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS)  melaksanakan Program Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), berapa hari lalu.

Pembinaan tersebut berupa pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.

Kali ini tim pembinaan statistik sektoral Kabupaten Muara Enim yang dikomandoi langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ardian Arifandi AP MSi didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Data Informasi Pubilk dan Statistik Harry Aries Saputra MM bersama Kepala BPS Kabupaten Muara Enim Edi Subeno SE MSi beserta jajaran menyambangi Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas.

 Ardian Arifandi, menyampaikan bahwa, program Desa/Kelurahan Cantik telah cetuskan BPS sejak Tahun 2022.

Hal ini langsung disambut dengan gerak cepat oleh Dinas Kominfo bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muara Enim dengan program pendataan potensi desa pada tahun lalu yang menghasilkan data profil desa di 246 desa dan 10 kelurahan secara keseluruhan di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Harga Beras Naik, Rakyat dan Pedagang Menjerit

Kemudian diharapkan dengan adanya pembinaan desa cantik ini diharapkan akan meningkatkan kapasitas perangkat desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki kemudian juga dapat menyajikan, mendokumentasi dan sekaligus mempublikasi data yang dimiliki.

Dengan mengoptimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik ini, program pembangunan di desa dan kelurahan bisa tepat sasaran.

Ardian menyebutkan, Desa Muara Gula Baru dipilih sebagai salah satu pilot project  Desa Cantik di tahun 2023 karena dipandang paling siap baik dari segi data maupun infrastruktur lainnya.

"Desa Muara Gula Baru ini kami pilih dahulu karena dilihat dari kesiapan data dan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun juga infrastruktur pendukungnya seperti jaringan internet yang stabil. "Namun ditargetkan pada tahun ini secara bertahap dan berkesinambungan, program Desa Cantik akan diterapkan di seluruh desa dan kelurahan Di Kabupaten Muara Enim" ungkapnya.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Muara Enim Edi Subeno SE MSi, menerangkan bahwa BPS dan Diskominfo akan bersinergi melaksanakan program ini, nantinya SDM di desa/kelurahan akan dilatih mengolah data monografi dan data lainnya.

BACA JUGA:Mahasiswa Semester V Hukum UNSRI Pilih STTD - PTDI

Kemudian menyajikannya menjadi informasi serta infografis yang mudah dipahami oleh masyarakat. 

"Sebab, salah satu tujuan dari program Desa/Kelurahan Cantik sebenarnya untuk meningkatkan kompetensi, literasi, kesadaran dan peran aktif desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: