Antisipasi Karhutla, Gelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air

Antisipasi Karhutla, Gelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air

Antisipasi Karhutla, Gelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air --Foto: Febi/Palpos.idUntuk mengatasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Muara Enim, Polres Muara Enim menggelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air di Halaman Mapolres Muara Enim, Senin

MUARA ENIM - Untuk mengatasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten MUARA ENIM, Polres MUARA ENIM menggelar Apel Pergeseran Personil dan Kendaraan Suplay Air di Halaman Mapolres MUARA ENIM, Senin (18/3).

Apel tersebut dihadiri oleh Waka Polres Muara Enim Kompol CS. Panjaitan SE MSi, Para Pejabat Utama Polres Muara Enim, Personil Polres Muara Enim, BPBD Muara Enim, Dinas Pemadam Kebakaran, PT.BA, PT. PPA dan Manggala Agni serta melibatkan beberapa mobil pemadam kebakaran dan suplay air yang siap digunakan untuk menangani kebakaran yang terjadi di wilayah Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, SH SIK MH melalui Waka Polres Muara Enim Kompol CS Panjaitan SE MSi, mengatakan bahwa pergeseran personil dan mobil suplay air oleh Polres Muara Enim menunjukkan adanya kerja sama yang baik antara pihak-pihak terkait.

BACA JUGA:Terjaring Operasi Zebra, 990 Pelanggar di Prabumulih Akan Jalani Proses Sidang

Namun, tindakan ini seharusnya bukan berakhir sampai di sini sebab banyak hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan demi menangani situasi serupa dengan lebih baik di masa depan. 

Salah satu faktor yang menjadi penyebab kebakaran lahan di Kabupaten Muara Enim adalah adanya praktik pembakaran lahan yang tidak terkontrol. Ini juga menunjukkan bahwa selain melakukan upaya pemadaman, pencegahan juga menjadi faktor penting dalam menangani kebakaran lahan.

Pencegahan kebakaran lahan dapat dilakukan dengan beberapa cara, lanjut Waka Polres, di antaranya adalah melalui edukasi masyarakat tentang bahaya kebakaran lahan, mengadakan operasi yustisi bagi pelaku pembakaran lahan ilegal, dan melakukan pengawasan ketat pada daerah-daerah yang berpotensi terjadi kebakaran.

BACA JUGA:Polres Muara Enim Berjibaku Pemadaman Karhutla

Selain itu, perlu adanya peran serta masyarakat dalam membantu melaporkan adanya kebakaran lahan di daerah sekitar.

Namun, tidak hanya instansi pemerintah saja yang perlu melakukan tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, perusahaan-perusahaan yang beroperasi di daerah rawan kebakaran juga harus bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Termasuk dengan mengadopsi teknologi dan metode yang sesuai sehingga dapat meminimalkan risiko kebakaran lahan dan hutan.

BACA JUGA:HD Lantik Ahmad Rizali Jabat Pj Bupati Muara Enim

Masyarakat juga berperan dalam pencegahan kebakaran lahan, sambung Waka Polres, terutama bagi mereka yang memiliki lahan di daerah rawan kebakaran. 

Lanjutnya, masyarakat harus memiliki kesadaran pentingnya menjaga kebersihan dan kelembaban lingkungan sekitar, dengan cara menanam pepohonan dan tidak membakar sampah pada musim kemarau. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya kebakaran lahan yang dapat membahayakan kondisi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: