Kapolres OKI Dampingi Kapolda Sumsel Kunjungan ke Tulung Selapan

Kapolres OKI Dampingi Kapolda Sumsel Kunjungan ke Tulung Selapan

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK didampingi Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto mengunjungi Kecamatan Tulung Selapan.-Foto : Istimewa-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK bersama pejabat utama, didampingi Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto SIK SH MH berkunjung ke Kecamatan Tulung Selapan, Rabu (04/10/2023).

Tujuan kunjungan rombongan Kapolda ke daerah tersebut, karena berdasarkan pemantauan satelit cuaca, Tulung Selapan merupakan salah satu kecamatan yang terjadi karhutla dari beberapa kecamatan di daerah Kabupaten OKI.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK bertemu langsung dengan para pejabat di Tulung Selapan, diantaranya para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pihak pengusaha, perusahan dan juga komunitas motor.

BACA JUGA:KPU OKI Verifikasi Hasil Pencermatan Rancangan DCT

"Saya mengajak sekaligus mengimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Hati-hati jika menggunakan api di lahan jangan sampai terbakar, apalagi disengaja," ungkap orang nomor satu di Polda Sumsel ini.

Ia menambahkan, kepala perusahaan dan pemerintah daerah Kecamatan Tulung Selapan, bersama seluruh masyarakat yang ada untuk membuat embung.

"Karena ketersediaan air sekarang sudah sangat sulit. Jika embung-embung itu sudah ada, maka pesawat water bombing akan diarahkan untuk beroperasi di Kecamatan Tulung Selapan," ujarnya.

BACA JUGA:69 Pejabat OKI Dimutasi dan Rotasi, Inilah Daftarnya Berikut Pesan Bupati

Dikatakannya lagi, pesawat water bombing jam terbangnya terbatas. Tergantung pada sumber airnya, tidak boleh jauh dari titik api.

"Selanjutnya di Tulung Selapan disiagakan personil Brimob yang diperkuat dengan pasukan Samapta. Personil ini bertugas memadamkan api-api kecil dengan peralatan yang disediakan seperti pompa air, selang, dan jetshooter," tuturnya.

Sedangkan lanjutnya, untuk api-api besar tidak akan sanggup dipadamkan oleh manusia sehingga harus menggunakan alat.

BACA JUGA:Karhutla Jadi Peristiwa Serius, Kades di OKI Diminta Pro Aktif

"Oleh karena itu, saya mengimbau kepada semua pihak agar bersama-sama menjaga supaya tidak terjadi karhutla di Kecamatan Tulung Selapan," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: