Pantai Pasir Merah di Simeulue: Pesona dan Keunikannya Dengan Tiga Warna Pasir

Pantai Pasir Merah di Simeulue: Pesona dan Keunikannya Dengan Tiga Warna Pasir

Pantai Pasir Merah di Simeulue: Pesona dan Keunikannya Dengan Tiga Warna Pasir.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Usulan 2 Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Aceh Dinilai Langgar Kesepakatan Damai GAM dan RI



Wilayah ini terdiri dari bagian barat daratan Pulau Simeulue dan pulau-pulau di sekitarnya, sebagian besar belum berpenghuni. Dengan luas wilayah 685,44 km2 atau sekitar 37,29 persen dari luas Kabupaten Simeulue.

Penduduk dan Kepadatan Penduduk

Jumlah penduduk di CDOB Kabupaten Kepulauan Selaut Besar mencapai 35.844 jiwa pada tahun 2020, yang setara dengan sekitar 38,60 persen dari total penduduk Kabupaten Simeulue.

Mereka tersebar di 62 dari 138 desa yang ada di Kabupaten Simeulue. Data tersebut mengindikasikan bahwa penduduk di wilayah CDOB sangat heterogen.

Jumlah penduduk per kecamatan di wilayah CDOB adalah sebagai berikut:

    Kecamatan Simeule Barat    : 11.963 jiwa
    Kecamatan Salang        : 8.818 jiwa
    Kecamatan Simeulue Tengah    : 6.953 jiwa
    Kecamatan Alafan        : 4.928 jiwa
    Kecamatan Simeulue Cut    : 3.382 jiwa

Rata-rata kepadatan penduduk di CDOB Kabupaten Kepulauan Selaut Barat sekitar 53 jiwa per km2, sedangkan kepadatan penduduk Kabupaten Simeulue (daerah induk) sebelum pemekaran adalah 51 jiwa per km2. Dengan jumlah penduduk yang relatif rendah dan wilayah yang luas, pembentukan DOB menjadi langkah penting untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat serta memacu pembangunan di kawasan ini.

Menghadapi Tantangan dan Harapan

Proses pemekaran daerah otonomi baru adalah perjalanan yang penuh tantangan, namun juga penuh harapan. Diharapkan bahwa melalui usaha bersama dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah, Kabupaten Kepulauan Selaut Besar dapat menjadi daerah yang mandiri, berkembang, dan memberikan kontribusi positif bagi NKRI. Teruslah pantau perkembangan berita ini karena CDOB KKSB semakin mendekati realisasi impian menjadi daerah otonomi baru di ujung Aceh Darussalam. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: