Pj Bupati Muba Apriyadi, Terima Penghargaan Program Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup

Pj Bupati Muba Apriyadi, Terima Penghargaan Program Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup

Pj Bupati Muba Apriyadi, Terima Penghargaan Program Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup-romi/palpos.id-

SEKAYU, PALPOS.ID - Pj Bupati Muba H. Apriyadi menerima Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin terpilih sebagai Kampung Iklim di Kabupaten Musi Banyuasin yang meraih Trophy Proklim Utama.

Selasa 24 Oktober 2023, bertempat di auditorium DR. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti  pada acara puncak Festival Iklim Tahun 2023  Pj Bupati Muba H. Apriyadi menerima penghargaan atas partisipasi aktif Melaksanakan Program Kampung Iklim di daerah.

BACA JUGA:Provinsi Sumatera Utara: Kekayaan Alam, Kebudayaan, dan Keragaman yang Menakjubkan

Kementerian Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya mengungkapkan,  Program Iklim ini merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan". 

BACA JUGA:Ada Air Terjun di Pantai, Pesona Pantai Banyu Tibo Surga Tersembunyi di Pacitan

" Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK)."Terangnya.

Sementara Pj Bupati Muba H. Apriyadi dalam hal ini diwakili kepada dinas Lingkungan Hidup Ir. Zulfakar, MSi mengatakan bahwa dirinya  mewakili Pj Bupati Muba menerima penghargaan  dan Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kabupaten.

Trophy Proklim Utama tersebut diserahkan  oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar kepada Kepala Desa Bumi Kencana Kecamatan Sungai Lilin, Erwin Aprianto

BACA JUGA:Dukung Kebersihan Kota Palembang, PT KAI Divre III Palembang Berikan Bantuan CSR 3 Unit Kontainer Sampah

"Sampai dengan tahun 2023, sudah sebanyak 31 Desa di Kabupaten Musi Banyuasin sebagai Desa Proklim yang terdaftar di Sistem Registrasi Nasional (SRN) Pengendalian Perubahan Iklim KLHK.

Diantaranya sebanyak 25 Desa Kategori Proklim Madya, 2 (dua) Desa Kategori Proklim Utama, 1 (satu) Desa Trophy Proklim Utama dan 3 (tiga) Desa Lainnya yang masih menunggu hasil penilaian Proklim," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: