Pemkab OKU Bangun Pasar Rakyat di Desa Tungku Jaya

Pemkab OKU Bangun Pasar Rakyat di Desa Tungku Jaya

Pasar Rakyat Desa Tungku Jaya, Kabupaten OKU. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), membangun pasar rakyat di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap sebagai sarana jual beli bagi masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) OKU, Amzar Kristopa, Selasa (24/10) mengatakan, pembangunan pasar rakyat menggunakan dana Bantuan Gubernur (Bangub) tahun anggaran 2022 sebesar Rp4,1 miliar tersebut dibangun untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Kecamatan Sosoh Buay Rayap yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Pembangunan juga dalam upaya meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen, sekaligus menjadikan pasar rakyat sebagai penggerak perekonomian daerah," jelasnya.

Dia menjelaskan, pasar kalangan yang dibangun dengan konsep modern ini berkapasitas lebih dari 100 los pedagang yang akan memanfaatkan fasilitas umum tersebut.

Selain itu, kata dia, di pasar rakyat tersebut juga disediakan sebanyak 16 kios yang dibangun dengan konsep modern untuk para pedagang menjajakan barang dagangannya.

Saat ini pembangunan pasar rakyat yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR OKU tersebut telah rampung 100 persen dikerjakan dan siap difungsikan sebagai sarana jual beli bagi masyarakat sekitar.

"Pembangunan sudah selesai tinggal menunggu peresmiannya saja. Target kami tahun ini pasar rakyat Desa Tungku Jaya sudah beroperasi," ujarnya.

Ia berharap, pasar rakyat ini nantinya mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern yang ada di Kabupaten OKU sehingga dapat meningkatkan omset pedagang di daerah itu.

"Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan daya saing pasar  tradisional di wilayah Kabupaten OKU," ujar dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: