Tinjau Karhutla di OKI, Menteri LHK Sebut Penanganan Sudah Baik

Tinjau Karhutla di OKI, Menteri LHK Sebut Penanganan Sudah Baik

Mentri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar MSc bersama Pj Gubernur Sumsel dan Plt Bupati OKI saat meninjau karhutla di daerah Jungkal, Pampangan, Minggu (12/11/2023).-Foto : Istimewa-

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Upaya penanganan Karhutla di Sumatera Selatan (Sumsel) terus dilakukan khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc langsung turun tangan meninjau perkembangan Karhutla di Kabupaten OKI bersama dengan Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr. Drs. Agus Fatoni MSi.

Didampingi langsung oleh Plt Bupati OKI HM, Dja'far Shodiq di Kawasan Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Jungkal Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI, Minggu, (12/11/2023).

BACA JUGA:Kalaksa BPBD Sumsel : Hujan Belum Merata di OKI, Ada 32 Hotspot Hari Ini

Menteri LHK, Dr Ir Siti Nurbaya Bakar M.Sc mengatakan, daerah Sumsel memang wilayah gambut yang sangat luas. Kasus ini terus mereka dalami dan tidak bisa dibiarkan karena dampaknya kepada masyarakat.

"Ada tiga pendekatan pencegahan karhutla yang bisa dilakukan, yang pertama pengendalian cuaca mengecek skala hujan atau dengan hujan buatan ; melakukan patroli terus-terusan melalui darat maupun udara," ungkapnya.

Kemudian tambahnya, melakukan pengendalian landscape, kawasan gambut harus selalu basah, kesadaran masyarakat termasuk tata kelola yang harus dikontrol waktunya.

BACA JUGA:Tinjau Karhutla di OKI, Menteri LHK : Tahun Ini 80 Persen Hotspot Jadi Fire Spot

"Pemerintah Sumsel dan terkhusus di OKI sudah oke, sudah bekerja dengan baik. Terima kasih atas dukungan swasta, pemda, dan masyarakat yang kooperatif. Sejauh ini sumsel yang masih memerlukan penanganan tetapi masih bisa diselesaikan," ujarnya.

Dikatakannya lagi, dirinya berterima kasih, tahun ini mereka memang mengalami masa sulit karena karhutla cukup tinggi. Dia berharap, itu yang terakhir kebakaran yang ada di Indonesia terutama di Sumsel. Mereka siap berjuang dan menyelesaikannya sampai akhir.

Sementara, Pj Gubernur Sumatera Selatan Dr Drs, Agus Fatoni MSi mengemukakan, mereka bersyukur karena Menteri LHK RI hadir langsung memberi arahan serta evaluasi.

BACA JUGA:Khidmat, Forkopimda OKI Ziarah dan Tabur Bunga Peringati Hari Pahlawan

"Penanganan ini memang harus terpadu dengan melibatkan semua unsur swasta, pemerintah dan juga masyarakat. Kita terus maraton bersama dengan swasta, pemerintah dan juga masyarakat," tuturnya.

Masih kata Agus, mereka bersyukur karhutla di Sumsel terutama di OKI ini sudah membaik. Menurutnya, yakinlah apa yang mereka lakukan itu menyelamatkan nyawa, jiwa dan lingkungan. "Kami terus mendukung dan tetap semangat," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Bupati OKI, HM Dja'far Shodiq menjelaskan, Pemerintah Kabupaten OKI sudah berupaya semaksimal mungkin untuk penanganan karhutla yang ada di wilayah Bumi Bende Seguguk.

BACA JUGA:Ramai Seruan Boikot Produk Pro Israel, Begini Respon MUI Kabupaten OKI

"Upaya pemerintah OKI sudah sangat maksimal dilakukan. Berkat kerjasama kita semua, Alhamdulillah titik api dapat diatasi meski masih ada beberapa, dan alhamdulillah juga kita juga sudah memasuki musim hujan," ucapnya.

Lanjut Agus, mereka berharap cepat berakhir dan tidak terjadi lagi karhutla terkhusus yang ada di Kabupaten OKI.*/ril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: