Wacana Pemekaran Provinsi Baru di Jawa Timur: Potret 6 Kabupaten dan Potensinya

Wacana Pemekaran Provinsi Baru di Jawa Timur: Potret 6 Kabupaten dan Potensinya

Wacana Pemekaran Provinsi Baru di Jawa Timur: Potret 6 Kabupaten dan Potensinya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Selain wacana pemekaran di tapal kuda, muncul juga ide pemekaran Provinsi Madura dari Jawa Timur. 

Rencananya, empat kabupaten, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep, akan bergabung membentuk Provinsi Madura.

Namun, kendala administratif yang belum terpenuhi, yaitu lima kabupaten/kota, membuat ide ini masih sebatas rencana.

Tantangan dan Kendala

Pemerintah pusat memberlakukan moratorium daerah otonomi baru sejak tahun 2013, sehingga hingga saat ini, kedua wacana pemekaran tersebut masih berada dalam tahap ide. 

Tantangan terbesar adalah pemenuhan syarat administratif dan dukungan penuh dari pemerintah pusat untuk merealisasikan pemekaran.

Wacana pemekaran provinsi baru di Jawa Timur, baik di wilayah tapal kuda maupun Provinsi Madura, memberikan gambaran potensi dan tantangan yang dihadapi. 

Profil keenam kabupaten di tapal kuda menunjukkan kekayaan alam dan potensi ekonomi yang dapat menjadi modal untuk pembentukan provinsi baru. 

Meskipun ide ini masih sebatas wacana, perdebatan terus berlanjut untuk mencari solusi terbaik guna mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Jawa Timur.

Wacana Pemekaran Provinsi di Pulau Jawa: Potret 3 Provinsi Baru yang Diusulkan dari Jawa Timur.

Pulau Jawa sebagai pusat kehidupan ekonomi dan budaya Indonesia, menghadapi tantangan signifikan karena padatnya penduduk.

Untuk menjawab kompleksitas masalah tersebut, muncul usulan pemekaran provinsi di Pulau Jawa. Saat ini, terdapat rencana pembentukan 9 provinsi baru, termasuk 3 di antaranya yang merupakan pemekaran dari Provinsi Jawa Timur atau Jatim.

Meskipun wacana ini telah berkembang, masih terdapat kendala-kendala yang perlu diatasi, termasuk moratorium daerah otonomi baru (DOB) yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Usulan Pemekaran Provinsi di Jawa Timur

Pemekaran provinsi di Pulau Jawa menjadi topik yang menarik perhatian publik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: