Provinsi Sumatera Selatan: Perjalanan Panjang Pemekaran dan Wacana Terbentuknya Sumsel Barat

Provinsi Sumatera Selatan: Perjalanan Panjang Pemekaran dan Wacana Terbentuknya Sumsel Barat

Provinsi Sumatera Selatan: Perjalanan Panjang Pemekaran dan Wacana Terbentuknya Sumsel Barat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Kota Lubuklinggau, Empat Lawang, Lahat, Kota Pagaralam, Muara Enim, dan PALI akan menjadi bagian dari Provinsi Sumselbar.

Penduduk Sumselbar mencapai lebih dari 2.56 juta jiwa, menjadikannya layak untuk diperjuangkan. Luas wilayahnya mencapai 30.18 ribu kilometer persegi. 

Kota Lubuklinggau, Kota Pagaralam, dan Kabupaten Lahat diusulkan sebagai ibukota Provinsi Sumselbar.

Meskipun sebagian besar pemangku kepentingan, termasuk Pemerintah Kabupaten Empat Lawang dan DPRD-nya, mendukung pembentukan Provinsi Sumselbar, masih ada kendala terkait transportasi laut yang menjadi syarat utama.

Opsi Kedua: Provinsi Palapa Selatan

Opsi kedua yang tak kalah menarik adalah pembentukan Provinsi Palapa Selatan. 

Ini melibatkan penggabungan kabupaten/kota di Provinsi Sumsel dan Provinsi Bengkulu. 

Enam kabupaten/kota yang bersedia bergabung termasuk Empat Lawang, Lahat, Pagaralam (dari Provinsi Sumsel), serta Kaur, Bengkulu Selatan, dan Seluma (dari Provinsi Bengkulu).

Gabungan wilayah ini memenuhi syarat-syarat DOB, termasuk transportasi darat, laut, dan udara. 

Selain itu, adanya kesatuan sejarah yang mencirikan keturunan Besemah di keenam daerah tersebut memberikan kekuatan tersendiri.

Pertimbangan untuk Memilih Antara Keduanya

Syarat Transportasi: Meskipun Provinsi Sumselbar mendapat dukungan, masalah transportasi laut masih menjadi pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. 

Sementara itu, Provinsi Palapa Selatan telah memenuhi syarat-syarat transportasi yang dibutuhkan.

Kesatuan Sejarah: Kedua opsi memiliki kesatuan sejarah, dengan Provinsi Palapa Selatan memiliki tambahan kekuatan kesatuan sejarah melalui keturunan Besemah di keenam wilayahnya.

Kerjasama Antarprovinsi: Provinsi Palapa Selatan menggabungkan dua provinsi, menciptakan sinergi yang potensial untuk pembangunan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: