Antisipasi Jalan Tanjung Senai Agar Tak Terendam Banjir, Dinas PUPR Lakukan Hal Ini

Antisipasi Jalan Tanjung Senai Agar Tak Terendam Banjir, Dinas PUPR Lakukan Hal Ini

Penampakan Air Sungai Kelekar Yang Hampir Menggenagi Jalan--Foto: Isro

OGANILIR,PALPOS.ID - Musim hujan saat ini membawa dampak serius terhadap akses jalan di sekitar Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Ogan Ilir

Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir memberikan peringatan kepada pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintas area tersebut yang hampir terendam oleh air dari rawa dan Sungai Kelekar.

Permukaan air di wilayah seputar KPT Tanjung Senai naik hampir setinggi permukaan jalan, hal itu menimbulkan risiko bagi kendaraan yang melintas jika nanti terjadi banjir. 

Untuk mengatasi masalah ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Ogan Ilir mengambil langkah preventif dengan memasang delineator atau patok di sepanjang jalan yang rentan tergenang air.

BACA JUGA:Kasus Kades Rambang Kuang, Sekda OI: Tunggu Proses Hukum Inkrah

BACA JUGA:Tetap Diami Rumah Meski Sudah Roboh, Lansia di Ogan Ilir Mengaku Pernah Hampir Dipatuk Ular

Kepala Dinas PUPR Ogan Ilir, Ruslan, menyampaikan bahwa pemasangan delineator adalah langkah yang diambil untuk meningkatkan keamanan pengguna jalan. 

Delineator sendiri merupakan rambu pembatas jalan yang umumnya digunakan di jalur rawan kecelakaan. Alat ini dilengkapi dengan reflektor cahaya sehingga dapat berkilau saat diterpa cahaya lampu kendaraan, terutama di malam hari.

Meskipun tergolong sederhana, delineator yang terbuat dari bambu ini akan diwarnai dengan cat khusus yang dapat memantulkan cahaya. 

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya lihat pengendara dan memperingatkan mereka terhadap kondisi jalan yang mungkin tergenang air.

BACA JUGA:Percepatan Penurunan Stunting, 7 Tugas Ini yang Menjadi Fokus Satgas di Lubuklinggau

BACA JUGA:Hani S Rustam dan Merry Hani Dinobatkan sebagai Ayah Bunda Genre Banyuasin

"Jadi meski sederhana, tidak mengurangi fungsinya sebagai petunjuk, pengarah, dan sebagai peringatan bagi kendaraan," ungkap Ruslan.

Ruslan juga memberikan pesan kepada masyarakat yang menggunakan akses jalan menuju KPT Tanjung Senai. Ia menekankan agar para pengendara berhati-hati saat melintasi jalan yang berpotensi terendam air, terutama pada malam hari. Dengan memasang delineator, diharapkan keselamatan dan kewaspadaan para pengguna jalan dapat ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: