Lestarikan Budaya Lokal, Gelar Kesenian Dulmuluk

 Lestarikan Budaya Lokal,  Gelar Kesenian Dulmuluk

Penggiat sosial budaya Zulkarnain menggelar teater dulmuluk bangsawan, bertemankan Zulkarnain Peduli Budaya di gelar di kolam pemancingan Ajong Jalan Mayor zen, Lorong Mupakat, Gang Mupakat 4, Kalidoni Palembang. F ist--

PALEMBANG, PALPOS,ID - Penggiat sosial budaya, Zulkarnain, mengadakan acara Kesenian Dulmuluk, ditemani oleh Zulkarnain Peduli Budaya. Acara ini diselenggarakan di kolam pemancingan Ajong, Jalan Mayor Zen, Lorong Mupakat, Gang Mupakat 4, Kecamatan Kalidoni Palembang pada Rabu, 7 Januari 2024.

Kesenian Dulmuluk, yang dipersembahkan oleh Sanggar Dulmuluk Harapan Jaya dengan cerita berjudul "Pangeran Surya," mendapat sambutan antusias dari masyarakat setempat.

Cerita yang dipresentasikan penuh humor, diiringi musik orgen, dan dialog menggunakan bahasa lokal, berhasil memikat penonton, bahkan membuat mereka tertawa. 

BACA JUGA:Kisah Sukses Pengusaha Asli Sumsel: Dulu Pedagang Asongan Kini Jadi Pengusaha Batu Bara

BACA JUGA:Mengapa Barongsai Identik dengan Perayaan Imlek?

Para pemain, antara lain Maliki, Dedi, Saleh, Jonhar, Lilis, Bob Ibrahim, Sani, dan Randi, mampu memukau penonton, menjaga mereka tetap terpaku di tempat duduknya.

Penggiat sosial budaya Zulkarnain, dalam penjelasannya, menyatakan bahwa mereka memilih tema dulmuluk bangsawan untuk menyoroti kepunahan seni kesenian di Palembang, khususnya dulmuluk.

Ia berharap kegiatan ini dapat membangkitkan minat masyarakat terhadap kesenian tradisional tersebut.

BACA JUGA:Meta Siap Luncurkan Asisten Virtual AI Serba Guna di WhatsApp, Instagram dan Messenger

BACA JUGA:PNS Pemkot Palembang Full Senyum, Ratu Dewa Pastikan Rapelan Tunjangan Fungsional Cair Bisa Sampai 30 Bulan

"Kegiatan ini kita buka untuk masyarakat umum, dengan harapan dapat meningkatkan minat terhadap dulmuluk, sehingga seni ini tetap dilestarikan hingga generasi mendatang," ujarnya.

Zulkarnain juga menjelaskan bahwa selain sebagai upaya pelestarian seni dan budaya, acara ini juga menjadi wadah untuk mensosialisasikan dirinya yang mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Palembang Dapil 4.

Ketua Pelaksana dan Budayawan Kota Palembang, Vebri Al Lintani, memberikan apresiasi besar terhadap kegiatan yang digagas oleh Zulkarnain. Ia menyatakan dukungan penuh terhadap upaya pelestarian seni dan budaya di Palembang, termasuk rencana pembentukan kampung dulmuluk di lorong Taman Bacaan Tangga Takat.

BACA JUGA:PUPR Palembang Minta Respons Cepat: Developer Perumahan Pelangi 2 Diminta Lakukan 3 Hal Ini...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: