Wortel dan Kesehatan Kolesterol: Peran Beta Karoten dalam Menurunkan Kolesterol Darah

Wortel dan Kesehatan Kolesterol: Peran Beta Karoten dalam Menurunkan Kolesterol Darah

Wortel Bayam dan Semangka Dapat Menurunkan Hipertensi Secara Alami.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KESEHATAN, PALPOS.ID- Wortel, sayuran berwarna oranye yang kaya akan nutrisi, telah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan. Namun, satu aspek yang seringkali menarik perhatian adalah kemampuan wortel dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ini terkait dengan kandungan senyawa beta karoten aktif, terutama BCO1, yang diyakini memiliki peran khusus dalam mengelola kolesterol darah.

Kita akan menjelajahi hubungan antara wortel dan kadar kolesterol, serta bagaimana senyawa beta karoten berkontribusi pada penurunan kolesterol yang sehat.

1. Kandungan Nutrisi dalam Wortel

a. Beta Karoten:

Wortel dikenal sebagai sumber utama beta karoten, pigmen alami yang memberikan warna oranye pada sayuran ini. Beta karoten kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, tetapi juga memiliki efek positif lainnya, terutama dalam hal penurunan kolesterol.

BACA JUGA:Meminimalkan Risiko Obesitas dengan Konsumsi Rutin Wortel yang Kaya Manfaat

BACA JUGA:Keajaiban Kesehatan dari Kepala Wortel: Menjaga Gigi dan Gusi Tetap Sehat

b. Serat:

Wortel mengandung serat, yang telah terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol total dalam darah. Serat membentuk lapisan pelindung di dalam usus, menghambat penyerapan kolesterol dari makanan.

c. Antioksidan Lain:

Selain beta karoten, wortel mengandung antioksidan lain, seperti vitamin C, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan jantung.

2. Mekanisme Penurunan Kolesterol oleh Beta Karoten

a. Aktivasi BCO1:

Beta karoten dalam wortel diketahui memiliki kemampuan untuk diubah menjadi retinol (vitamin A) dalam tubuh. Namun, penelitian terbaru menyoroti peran beta karoten dioxygenase 1 (BCO1), enzim yang aktif dalam mengubah beta karoten menjadi senyawa lain yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: