Kabupaten Lahat Pusat Perhatian: Asimilasi Budaya dan Potensi Pemekaran Palapa Selatan di Sumatera Selatan

Kabupaten Lahat Pusat Perhatian: Asimilasi Budaya dan Potensi Pemekaran Palapa Selatan di Sumatera Selatan

Kabupaten Lahat Pusat Perhatian: Asimilasi Budaya dan Potensi Pemekaran Palapa Selatan di Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Semoga, dengan sinergi budaya dan persiapan yang matang, impian untuk membentuk Provinsi Palapa Selatan dapat menjadi kenyataan, menciptakan tatanan pemerintahan yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Dengan demikian, perpaduan antara sejarah, budaya, dan aspirasi untuk kemajuan menjadi landasan yang kokoh dalam proses pemekaran wilayah Kabupaten Lahat menuju menjadi ibukota Provinsi Palapa Selatan. 

Semoga langkah ini tidak hanya menjadi suatu rencana tetapi juga nyata terwujud untuk kesejahteraan dan kemajuan bagi seluruh masyarakat di wilayah tersebut.

Munculnya 4 Provinsi Baru di Provinsi Sumatera Selatan Menggema: Aspirasi Rakyat untuk Otonomi Baru.

Wacana pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Selatan (SumSel) terus berkembang, mengikuti aspirasi masyarakat dan tokoh lokal yang ingin melihat perubahan struktur administratif guna mengoptimalkan pelayanan publik dan pembangunan di tingkat lokal. 

Meskipun Pemerintah Pusat masih menjalankan moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB), usulan-usulan pemekaran ini mencerminkan dinamika sosial dan keinginan untuk perubahan yang lebih baik.

Latar Belakang Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu wilayah yang luasnya mencapai 91.592 kilometer persegi dengan populasi sekitar 8.657.008 jiwa, menurut data sensus penduduk BPS tahun 2022. 

Wilayah ini memiliki potensi yang besar untuk pengembangan lebih lanjut, dan aspirasi untuk pemekaran wilayah menjadi salah satu jawaban atas tuntutan perkembangan zaman.

1. Provinsi Musi Raya: Mencerminkan Geografi dan Sejarah

Salah satu usulan pemekaran adalah Provinsi Musi Raya, yang melibatkan 1 Kota dan 4 kabupaten yang siap bergabung. 

Calon ibukota provinsi ini diusulkan berada di Kota Lubuklinggau. Daerah yang terlibat dalam pemekaran ini mencakup Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dan Kabupaten Empat Lawang. 

Provinsi Musi Raya diusulkan membentang sepanjang Sungai Musi, mencerminkan geografi dan sejarah wilayah ini.

2. Provinsi Ogan Komering dan Enim (Provinsi OKE): Menggabungkan Potensi

Usulan lainnya adalah Provinsi Ogan Komering dan Enim (Provinsi OKE), yang melibatkan 6 kabupaten dengan calon ibukota provinsi di Kabupaten OKU. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: