Ada Apa Ya? Anggota DPRD Ogan Ilir Berjamaah Tak Hadiri Rapat Paripurna

Ada Apa Ya? Anggota DPRD Ogan Ilir Berjamaah Tak Hadiri Rapat Paripurna

Terlihat Banyaknya Kursi Anggota DPRD Ogan ILir yang Kosong --Foto: Isro Palpos

OGANILIR,PALPOS.ID - Rapat Paripurna V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir Tahun Sidang 2024 berlangsung dramatis dan alot.

Sidang Paripurna dengan agenda mendengarkan pandangan fraksi-fraksi DPRD Ogan Ilir terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Ogan Ilir Tahun Anggaran 2023 itu hanya di ihadiri oleh 15 anggota DPRD dari total 40 anggota yang ada.

Meskipun mengalami penundaan hampir dua jam dari jadwal pukul 11.00 wib dan sempat diskors dua kali masing-masing selama 10 menit pada akhinya rapat tetap dilanjutkan dengan mendengar pendapat seridaknya dua fraksi dari total anggota DPRD Ogan Ilir yang hadir.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD, Suharto, yang hanya dihadiri 15 anggota DPRD itu jauh di bawah kuorum yang dibutuhkan. 

Meskipun demikian, Fraksi PDI Perjuangan, melalui juru bicaranya Amir Hamzah, meminta agar rapat tetap dilanjutkan sesuai dengan tata tertib yang berlaku.

BACA JUGA:Karyawan Minimarket di Ogan Ilir Rekayasa Pencurian Ditempat Dirinya Bekerja, Ini Kronologisnya

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPRD Ogan Ilir Terancam Kembali Gagal, Ini Penyebabnya

"Pandangan kami agar rapat Paripurna ini tetap dialnjytkan dengan tanpa pembacaan pandangan fraksi. Ini telah sesuai denga peraturan yang ada sesuai tata tertip pasal 110," ungkap Amir. Selasa, 2 April 2024.

Reaksi serupa juga datang dari fraksi lainnya seperti Golkar, PPP, Nasdem, PAN, dan Bergerak. Mereka menekankan pentingnya disiplin anggota dewan dalam menghadiri rapat-rapat penting seperti ini. 

Ustadz Husnul Anam dari Fraksi Bergerak bahkan menyuarakan keinginan untuk meningkatkan disiplin dengan meminta ketua Badan Kehormatan (BK) untuk lebih tegas.

Ketua DPRD Ogan Ilir Suharto ketika ditanyai perihal banyaknya anggota DPRD Ogan Ilir yang tak hadir dirinya mengatakan hal tersebut berkaitan dengan hasil pemilu legislatif yang bebrapa waktu lalu dilakukan.

"Inikan baru sudah pemilu legislatif maklum saja mungkin ada yang kurang sehat, suasana kebatinan. Yang terpilih shok juga apalagi yang tidak tetpilih. Jadi kita maklum ketidak hadiran anggota dewan pada hari ini,"ungkapnya.

BACA JUGA:Polres OKU Gencarkan Sidak SPBU Jelang Idul Fitri

BACA JUGA:Polsek Lempuing Lakukan Antisipasi Penimbunan BBM, Inilah Upayanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: