Momen Lebaran, Pengunjung di Lapas/Rutan/LPKA Sumsel Capai 50.000 Orang

 Momen Lebaran, Pengunjung di Lapas/Rutan/LPKA Sumsel Capai 50.000 Orang

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Lebaran, sebagai momen penting bagi umat Muslim di Indonesia, bukan hanya menjadi waktu untuk merayakan kebahagiaan bersama keluarga terdekat, tetapi juga menjadi kesempatan bagi mereka yang memiliki anggota keluarga yang sedang menjalani masa tahanan di lembaga pemasyarakatan.

Di Sumatera Selatan, antusiasme keluarga dalam berkunjung ke lembaga pemasyarakatan selama periode lebaran menjadi sorotan utama.

BACA JUGA:Kadivpas Kemenkumham Sumsel Pastikan Layanan Kunjungan Idulfitri di Sumsel Berjalan Lancar

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Gelar Apel Siaga Persiapan Pengamanan Lapas Jelang Idul Fitri 1445 H

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumsel, Dr. Ilham Djaya, mengungkapkan bahwa lebih dari 50.000 pengunjung mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang tersebar di wilayah Sumatera Selatan selama periode lebaran.

Angka tersebut mencakup kunjungan dari hari pertama hingga hari keempat lebaran, dengan jumlah pengunjung per hari yang cenderung stabil.

BACA JUGA: Puluhan peserta Mudik Bersama Kemenkumham Tiba di Bumi Sriwijaya

BACA JUGA: Kanwil Kemenkumham Sumsel Perbarui Data Notaris Cegah Penyalahgunaan

Menariknya, Lapas Kelas IIB Muara Enim mencatat jumlah pengunjung terbanyak, dengan rata-rata lebih dari 1.660 orang setiap harinya.

Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dikunjungi juga signifikan, mencapai 325 WBP dari total 1.145 WBP yang ada di lapas tersebut.

Sementara itu, Lapas Kelas III Pagaralam mencatat jumlah pengunjung terendah, dengan rata-rata sekitar 115 pengunjung per hari dan kunjungan kepada 41 WBP dari total 176 WBP yang ada.

BACA JUGA: Serah Terima Pimpinan Tinggi, Kakanwil Ilham : Mari Tingkatkan Kinerja Kemenkumham

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel fasilitasi perlindungan kekayaan intelektual

Pelaksanaan layanan kunjungan lebaran berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 10 hingga 13 April 2024, dimulai pukul 07.30 hingga 15.00 WIB setiap harinya.

Jumlah pengunjung tiap harinya juga tercatat dalam rekapitulasi, dengan jumlah tertinggi pada hari kedua sebanyak 14.861 pengunjung dan terendah pada hari ketiga dengan 11.232 pengunjung.

Secara keseluruhan, lebih dari 50.000 pengunjung menyambangi 20 Lapas/Rutan/LPKA di Sumatera Selatan, bertemu dengan 15.785 WBP.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Minta Pejabat Analis Kekayaan Intelektual Lebih Lincah dan Adaptif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: