Disdukcapil Banyak Didatangi Lulusan Baru, Tapi Bukan untuk Melamar Kerja Loh!

Disdukcapil Banyak Didatangi Lulusan Baru, Tapi Bukan untuk Melamar Kerja Loh!

Pj Walikota Lubuklinggau sidak ke Disdukcapil. Foto Diskominfo Lubuklinggau--

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID- Dalam sebuah inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Pj Walikota Lubuklinggau H Trisko Defriansyah pada hari pertama kerja, Selasa 16 April 2024, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Lubuklinggau diserbu oleh puluhan lulusan baru Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. 

Mereka menyerbu Disdukcapil bukan karena ada lowongan kerja atau melamar pekerjaan loh! Para pelajar yang baru lulus tahun ajaran 2024/2025 memadati kantor Disdukcapil untuk mengurus surat keterangan domisili dan melakukan perekaman e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk elektronik.

Trisko mengungkapkan bahwa mayoritas dari para lulusan baru tersebut datang untuk mengurus administrasi kependudukan guna keperluan tes TNI/Polri dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Permintaan surat keterangan domisili untuk tes TNI/Polri serta untuk keperluan kuliah menjadi alasan utama kedatangan mereka.

Pj Walikota melakukan inspeksi mendadak untuk memastikan pelayanan kependudukan berjalan dengan baik di tengah meningkatnya kebutuhan adminitrasi penduduk.

BACA JUGA:Pasca Libur Lebaran Pejabat Walikota Lubuklinggau Sidak OPD, Ini Hasilnya!

BACA JUGA:Dua Lokasi Objek Wisata Terfavorit di Kabupaten Musi Rawas Saat Libur Lebaran, Kamu Pilih Yang Mana ?

Sementara Pelaksana tugas Kepala Disdukcapil, M Iqbal, meski layanan sempat ditutup selama libur lebaran, jumlah warga yang datang tidak begitu ramai namun juga tidak sepi.

Data layanan pada hari itu menunjukkan berbagai jenis pelayanan yang diberikan, seperti pencetakan dan perekaman KTP, pindah masuk dan keluar, legalisir dokumen, hingga pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Selain itu, layanan bidang pencatatan sipil dan pengelolaan informasi administrasi kependudukan juga dilakukan dengan jumlah permintaan yang bervariasi.

Hal ini menunjukkan antusiasme dan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang lengkap dan valid. Meskipun tidak ada lonjakan yang signifikan dalam layanan pada hari pertama kerja, Disdukcapil Lubuklinggau siap melayani warga dengan baik dalam mengurus berbagai administrasi kependudukan. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: