108 Guru di OKU Jalani Uji Kompetensi

108 Guru di OKU Jalani Uji Kompetensi

Kadisdik OKU, H Topan Indra Fauzi didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdik OKU, Taufiq Hidayat meninjau guru yang mengikuti uji kompetensi. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Sebanyak 108 guru di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengikuti Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UJKJ) jabatan fungsional guru tahun 2024, Sabtu, 4 Mei 2024.

Uji kompetensi itu digelar secara daring di SMPN 13 OKU yang diikuti 53 guru dari tingkat pratama ke tingkat muda, dan sebanyak 55 guru dari tingkat muda ke madya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) OKU, H Topan Indra Fauzi didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdik OKU, Taufiq Hidayat mengatakan, uji kompetensi ini menjadi salah satu syarat untuk kenaikan jenjang jabatan guru.

“Jadi sekarang ada aturan baru bahwa untuk kenaikan pangkat guru harus lulus uji kompetensi,” kata Topan.

BACA JUGA: OKU Kekurangan Tenaga Pengawas Jenjang SMP

BACA JUGA: Disdik OKU Imbau Siswa Tidak Konvoi dan Coret Seragam Sekolah

Hal tersebut, kata Topan, bahwa pemerintah ingin menambah kualitas guru sehingga para guru dapat terus mengasah kemampuan dan memperbaharui pengetahuan dalam bidangnya, seiring dengan tuntutan perubahan dan perkembangan pendidikan yang semakin dinamis. “Jangan sampai gurunya naik pangkat tapi mutunya tidak,” tegasnya.

Sementara, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdik OKU, Taufiq Hidayat membeberkan jika soal materi uji kompetensi langsung dari Kemendikbud.

“Mereka (para guru) mengerjakan secara online menggunakan laptop yang soalnya langsung dari Kemendikbud. Untuk pengumuman kelulusan nanti melalui aplikasi SIMPKB di akun masing-masing guru,” pungkas dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: