Pemekaran Wilayah Kabupaten Bone Bolango: Aspirasi Warga Menuju Otonomi Baru Bone Pesisir di Gorontalo

Pemekaran Wilayah Kabupaten Bone Bolango: Aspirasi Warga Menuju Otonomi Baru Bone Pesisir di Gorontalo

Pemekaran Wilayah Kabupaten Bone Bolango: Aspirasi Warga Menuju Otonomi Baru Bone Pesisir di Gorontalo.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Berdasarkan potensi sumber daya alam tersebut, Kabupaten Bone Pesisir diproyeksikan mampu meraih pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp586 miliar per tahun.

Dukungan dari Berbagai Pihak

Lima kecamatan yang menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Kabupaten Bone Pesisir setelah memisahkan diri dari Kabupaten Bone Bolango adalah Kecamatan Bone, Kecamatan Kabila Bone, Kecamatan Bone Pantai, Kecamatan Bone Raya, dan Kecamatan Bulawa. 

Rencana ibukota Kabupaten Bone Pesisir nantinya akan berada di Kecamatan Bone Pantai, dengan luas wilayah yang diproyeksikan sekitar 550 kilometer persegi atau sekitar 27,7 persen dari luas Kabupaten Bone Bolango saat ini yang mencapai 1.984 kilometer persegi. 

BACA JUGA:Ada Usulan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Panipi Pemekaran Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo

BACA JUGA:5 Kecamatan Gabung Daerah Otonomi Baru Kabupaten Boliyohuto Pemekaran Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo

Jumlah penduduk yang akan menjadi bagian dari Kabupaten Bone Pesisir diperkirakan sebanyak 47.912 jiwa, atau sekitar 29 persen dari total penduduk Kabupaten Bone Bolango yang mencapai 164.277 jiwa berdasarkan sensus penduduk BPS tahun 2022.

Pemekaran ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk anggota DPD RI dapil Provinsi Gorontalo, Abdurrahman Bachmid. 

Ia telah menyatakan kesiapan untuk mengawal pembentukan calon kabupaten baru tersebut. 

Menurutnya, meskipun saat ini masih ada moratorium DOB, sudah ada tanda-tanda bahwa moratorium tersebut akan segera dicabut, sehingga proses pemekaran dapat dilanjutkan. 

BACA JUGA:Wacana Pemekaran Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo, 4 Kecamatan Siap Gabung DOB Kota Talaga

BACA JUGA:Fakta Unik Suku Polahi di Gorontalo, Ibu Boleh Kawin dengan Anak dan Mempercayai 3 Tuhan

"Saat ini masih moratorium DOB. Namun sudah ada tanda-tanda bakal dicabut hingga bisa melakukan pemekaran," tegas Abdurrahman Bachmid beberapa waktu lalu. 

Ia juga menambahkan bahwa pemekaran ini realistis mengingat letak geografis Kabupaten Bone Pesisir yang terpisah dari kabupaten induk yaitu Kabupaten Bone Bolango. 

"Kita siap kawal pembentukan Kabupaten Bone Pesisir. Apalagi letaknya dengan kabupaten induk dipisahkan oleh wilayah Kota Gorontalo," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: